Bandung (ANTARA News) - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung, Jawa Barat, menguji 16 sampel makanan dan minuman berbuka puasa (takjil) yang diambil dari pusat keramaian perdagangan makanan di Kota Kembang.

"Kami melakukan uji sampel terhadap 16 makanan yang kami curigai mengandung zat berbahaya," kata Kepala Bidang Pengawasan dan Penyidikan BBPOM Bandung Della Triatmani di Jalan Pusdai Kota Bandung, Senin.

Semua sampel yang diambil langsung diuji di mobil labolatorium keliling yang terparkir di sekitar jalan Pusdai.

Sidak ini, kata Della, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan BBPOM Bandung dalam upaya mengawasan terhadap peredaran makanan yang mengandung bahan berbahaya terutama saat Ramadhan.

Beberapa panganan yang diuji seperti kerupuk berwarna, bakso goreng, cincau, kue basah, dan makanan lainnya yang diduga mengandung Rhodamin B maupun formalin.

Dari ke-16 sampel yang diuji, BBPOM menemukan salah satu makanan takjil mengandung formalin yang berbahaya apabila dikonsumsi oleh manusia.

"Kami menemukan satu makanan yang mengandung bahan berbahaya di tutut (bekicot sawah). Hasil uji positif formalin," kata dia.

Hasil uji tersebut kemudian akan ditindaklanjuti untuk memastikan seluruh penjualan makanan di Pusdai bebas dari zat berbahaya. Sementara untuk pedagang yang diketahui memasukan bahan berbahaya dilakukan pembinaan oleh Dinas Kesehatan.

"Tindak lanjut terhadap penjual kami berkoordinasi Dinkes. Para penjual diberikan pembinaan, mungkin karena ini pedagang kecil ketidaktahuan mereka produknya mengandung formalin," kata dia.

BBPOM akan terus melakukan sidak ke beberapa sentra penjualan makanan takjil di Kota Bandung, khusus untuk pedagang bekicot sawah di Pusdai akan terus dilakukan pengawasan. Apabila pedagang tersebut masih menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya, BBPOM akan melakukan tindakan tegas.

"Tidak kami sita untuk sementara. Kami meminta produknya tidak dijual, kami telusuri di mana ia mendapatkan produknya," kata dia.

Baca juga: Bulan Ramadan, tujuan ojek online ke masjid meningkat

Baca juga: Agar makanan tetap segar di kulkas selama Ramadhan

 
Warga mengantre Takjil Ramadan di Masjid Al-Munawarrah, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, Minggu (20/5/2018). Selama Ramadan masjid yang terletak di jalur Pantura tersebut setiap harinya menyediakan lebih dari 700 porsi makanan dan minuman untuk berbuka puasa yang dibagikan gratis kepada masyarakat. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018