Timika, Papua (ANTARA News) - Seorang ekspatriat asal Afrika Selatan yang bekerja di PT Freeport Indonesia diberondong peluru oleh orang tak dikenal di area mile 66 area perumahan Hidden Valley, Distrik Tembagapura, Mimika, Jumat sekitar pukul 07.40 WIT.

Morne Francis Ras, yang bekerja sebagai Technical Advisor Safety HighLand dan tinggal di 1025-B Hidden Valley Mile 66, nyaris tertembak ketika ia hendak menuju kendaraan LWB No.01.5222 yang terparkir di depan rumahnya.

Selanjutnya, saat berada di samping kendaraanya, orang tak dikenal itu melepaskan delapan sampai sepuluh tembakan ke arah Francis Ras, namun tak ada peluru yang mengenainya.

Craig Eugene Johnson, karyawan Mine UG yang tinggal di 1020B Hidden Valley, melihat kejadian itu dan menuturkan bahwa dia mendengar suara tembakan saat keluar dari rumah dan melihat Francis Ras sedang tiarap di samping kanan kendaraannya.

Pukul 07.50 WIT, aparat keamanan dan ambulans sudah berada di lokasi kejadian. Aparat keamanan kemudian berusaha mengejar penembak dengan menyisir area sekitar lokasi kejadian.

Perusahaan membunyikan alarm kota Tembagapura dan Hidden Valley pukul 08.24 WIT, memberi tanda kepada seluruh karyawan untuk tenang dan tetap berada di kantor masing masing dan kepada keluarga karyawan agar tetap tenang dan berada di rumah masing masing

Francis Ras beserta keluarganya dibawa ke rumah sakit Tembagapura pukul 08.50 WIT untuk mendapat terapi psikiater karena mengalami trauma akibat kejadian itu.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan bahwa tidak ada korban yang terluka dalam peristiwa penembakan tersebut.

"Dalam aksi penembakan tersebut tidak ada korban luka namun kendaraan 01.5222 mengalami kerusakan akibat tembakan, di mana pada bagian kap depan terkena satu tembakan, kaca spion kanan terkena satu tembakan, body samping kanan terkena dua kali tembakan," ujarnya.

Hingga pukul 10.00 WIT pihak aparat keamanan masih melakukan pengejaran dan penyisiran di area hutan belakang area perumahan Hidden Valley Mile 66.

Baca juga:
Bus karyawan PT Freeport ditembak OTK
Freeport ungsikan keluarga karyawan dari Tembagapura

 

Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018