Bogor (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan persiapan penyelenggaraan haji 2018 telah sesuai dengan yang direncanakan dan sudah mendekati final.

"Alhamdulillah hingga saat ini persiapan sesuai dengan yang direncanakan. Seluruh hotel-hotel sudah seluruhnya kita sewa, tinggal penuntasan kontrak-kontrak beberapa saja," kata Lukman Hakim usai Rapat Terbatas membahas topik pengelolaan dana haji di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis.

Dia mengungkapkan bahwa Menag bersama Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek baru pulang dari tanah suci untuk koordinasi pelaksanaan haji 2018.

Lukman Hakim menyebutkan ada 165 hotel yang berhasil disewa di Mekkah untuk menampung sekitar 204 ribu jamaah haji Indonesia.

Menag mengaku ada dua sistem penyewaan hotel untuk jamaah haji Indonesia, yakni di sewa penuh selama musim haji untuk di Mekkah dan sewa hanya saat di Madinah.

"Yang full musim sudah disewa seluruhnya, tinggal sekarang yang berdasarkan 'blocking time' saja," katanya. Menang menjalaskan hotel "blocking time" berkisar 700 meter hingga 4.400 meter dari Masjidil Haram.

"Hotel-hotelnya standarnya bintang tiga dan per kamarnya tidak boleh lebih lima orang. Jadi sesuai yang kita harapkan," katanya.

Menag juga menambahkan bahwa untuk transportasi dan katering juga sudah dilakukan kontrak, sehingga persiapan sudah di Tanah Suci.

"Alhamdulillah sudah mendekati final," kata Lukman Hakim.
 

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018