Kupang (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Raja Erizman memantau langsung prosesi Jumat Agung di Kota Larantuka, Ibu Kota Kabupaten Flores Timur, Jumat.

"Kapolda berangkat sejak Kamis (29/3) bersama rombongan guna memastikan langsung perayaan religius itu berjalan dengan aman," kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Jules Abraham Abast kepada Antara di Kupang, Jumat.

Ia mengatakan dalam kunjungannya ke Larantuka, Kapolda meninjau sejumlah pos-pos keamanan guna memastikan kesiapan para personel di kota itu.

Tak hanya itu pada misa Kamis Putih (29/3) semalam, Kapolda juga sempat meninjau pelaksanaan misa di dua gereja di Kota Larantuka termasuk gereja Reinha Rosari serta Kapela di Wureh Kecamatan Adonara Barat.

Kapolda juga memantau pengamanan prosesi Laskar Laut saat perarakan Tuan Ana dari Kapela Tuan Ana San Juan Lebao menuju ke Kapela Tuan Ma, yaitu tradisi Tiga Hari Suci yang dilaksanakan umat Katolik di Larantuka beruba perarakan patung kanak-kanak Yesus dari kapel di pulau kecil di Larantuka menggunakan perahu menuju daratan di kota tersebut.

"Kapolda NTT hanya ingin memastikan bahwa pengamanan di wilayah itu berjalan dengan baik," tambah Jules.

Dalam kunjungan itu Kapolda didampingi oleh sejumlah pejabat Polda yaitu Dir Pol Air Polda NTT Kombes Pol. Dwi Suseno, Dir Pamobvit Polda NTT Kombes Pol. Wawan Setiawan, Dir Intelkam Polda NTT Kombes Pol. Joudy Aldrien A. Mailoor.

Di samping itu ada juga Kasat Brimob Polda NTT Yopi Indra Sepang Prasetia,Koorspripim Polda NTT Akbp. Dede Rochmana, Kepala Biro Operasi Polda NTT kombes Pol Rudi Kristantio.

Sementara itu Kapolres Flores Timur AKBP Arri Vaviriyanto mengatakan Sebanyak 240 personel Polres Flores Timur diterjunkan untuk mengamankan jalannya Prosesi Jumat Agung di kota itu.

Bantuan pengamanan juga datang dari Polda NTT dengan jumlah personel mencapai 65 personel dan 800 personel gabungan dari Pemuda Katolik, GMIT, Pemuda Mesjid serta Pemuda Hindu Dharma di kota itu.

Selain itu ada tambahan pengamanan dari Kodim 1624/Flores Timur berjumlah 30 personel," katanya dan menambahkan sterilisasi sejumlah gereja di Flores Timur, akan dilakukan oleh Brimob Polda NTT yang dilakukan tiga jam sebelum gereja dimulai baik pagi dan malam.

Ia juga mengatakan untuk pengamanan di laut saat upacara prosesi Laskar Laut pengamanan laut akan dibantu oleh satu unit Kal dari Lanal Maumere, satu unit kapal Basarnas, satu Unit kapal Navigasi, satu unit kapal dari PolAirud Polres Flotim dan tiga unit kapal Patroli dari Ditpolair Polda NTT.
 

Pewarta: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018