Palu (ANTARA News) - Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), para peserta diimbau menjaga stamina dan kesehatan.

"Sebab stamina yang menurun dan kondisi kesehatan yang buruk akan sangat berpengaruh saat proses pengisian jawaban elektronik oleh peserta," kata Wakil Ketua Panitia UNBK pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulawesi Tengah, Asrul Achmad di Palu, Senin.

Dia mengimbau para peserta untuk tidak tidur larut malam dan istirahat yang cukup agar kondisi tubuh tetap prima.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu, Royke Abraham memberikan sejumlah tips agar kondisi jasmani terjaga selama pelaksanaan UNBK yang akan dilaksanakan, pada 2-5 April dan 9-12 April 2018.

"Olahraga dengan teratur pada pagi hari adalah cara yang efektif untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita," katanya.

Selanjutnya kata Abraham, minum air putih hangat pada saat bagun pagi agar dapat membantu melancarkan peredaran darah yang membawa oksigen pada tubuh.

"Kemudian sarapan di rumah sebelum berangkat ke sekolah dapat membantu kita agar kita mendapatkan stamina yang cukup untuk memulai aktifitas di pagi hari," imbuhnya.

Abraham berpesan agar selalu berpikir sehat.

"Pikiran yang sehat akan menghasilkan tubuh yang sehat pula. Biasakan kita selalu berpikiran positif akan kesehatan tubuh kita," tutupnya.

Ujian UNKB akan diikuti sebanyak 41.261 siswa dan siswi SMA/MA dan SMK di Sulteng. Jumlah tersebut terdiri dari 13.080 peserta UNBK SMK dan 28.181 peserta SMA/MA.

Pewarta: Fauzi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018