Jakarta (ANTARA News) - Ketua Gerakan Nasional Pendukung Fatwa (GNPF) Ulama Ustad Yusuf Muhammad Martak mengatakan Islam tidak mengajarkan kabar bohong sehingga mendukung pihak kepolisian untuk meringkus penyebar kabar bohong.

"Islam tidak mengajarkan kabar bohong. Oleh karena itu, kami mendukung langkah pihak kepolisian untuk meringkus penyebar kabar bohong," ujar Yusuf di Jakarta, Jumat.

Baca juga: MUI : Sebarkan hoaks di medsos haram

Menurut dia, langkah tegas pihak kepolisian tersebut tentunya akan membuat kepercayaan publik kepada pihak kepolisian semakin meningkat.

"Polisi memang harus selangkah lebih cepat dari masyarakat untuk menangkap penghina ulama dan penista agama. Jangan sampai rakyat ribut, gara-gara diperlakukan tidak adil".

Yusuf yakin pihak kepolisian pasti memiliki data mengenai akun siapa saja yang suka menyebarkan kabar bohong dan juga meminta pihak kepolisian tidak tebang pilih.

"Polisi pasti sudah punya data, siapa saja, mari kita dukung untuk bersih-bersih penyebar kabar bohong. Kami siap memberikan data agar polisi juga meringkus siapa pun yang menjadi kompor politik nasional".

Baca juga: Polisi kembali tangkap tersangka penyebar hoaks di medsos

Politisasi agama

Sebelumnya, pakar komunikasi dari Universitas Indonesia,

Irwansyah, mengatakan fenomena kelompok yang menyebarkan kabar bohong merupakan salah satu fenomena yang berkembang seiring dengan menguatnya keyakinan seseorang dan komunitas tertentu.

"Ini merupakan fenomena menguatnya keyakinan seseorang dan komunitas tertentu dalam masyarakat yang saling terhubung dengan teknologi media berjaringan yang semakin personal," kata Irwansyah.

Baca juga: Polri akan proses laporan Fadli Zon

Menariknya, kata Irwansyah, karena Indonesia pada 2019 akan menyelenggarakan Pemilu Legislatif dan Pilpres, maka dalam kurun waktu 2018 dan 2019 ini diperkirakan akan kental dengan politisasi agama.

"Hal ini karena aktor, media saluran komunikasi, dan pesan (yang bersifat politik) mudah diarahkan dan mengarah kepada kawan dan lawan politik dalam menuju instabilitas pertahanan dan keamanan," jelas Irwansyah.

Baca juga: Soal MCA, Presiden minta Kapolri tak ragu menindak

Pewarta: Indriani
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018