Bandung (ANTARA News) - Calon gubernur Jawa Barat yang diusung oleh Partai NasDem, Partai Hanura, PKB, PPP, M Ridwan Kamil atau Emil bersyukur bisa meraih nomor urut satu pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

"Ya alhamdulillah ya karena hampir 90 persen pendukung Pasangan Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum) berharap bisa mendapatkan nomor urut satu," kata Ridwan Kamil usai menghadiri pengundian nomor urut empat pasangan calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018-2023, di Sport Center Arcamanik Kota Bandung, pada Selasa malam.

Selain itu, lanjut dia, nomor urut satu juga sesuai dengan doa yang dipanjatkan oleh dirinya saat melaksanakan ibadah umroh di Tanah Suci beberapa waktu lalu.

"Dan memang saat umrah beberapa waktu lalu saya memang berdoa supaya dapat nomor satu. Jadi tadi itu saat akan memecahkan kendi, saya membaca basmallah sebanyak tiga kali, sesuai anjuran ibunya," kata dia.

Pada acara pengundian nomor urut pasangan calon Pilgub Jawa Barat 2018 tersebut Emil dan Uu Ruzhanul Ulum kompak mengenakan pakaian tradisional pangsi berwarna hitam.

Sebelumnya KPU Provinsi Jawa Barat menetapkan nomor urut empat pasangan calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018-2023, di Sport Center Arcamanik Kota Bandung, pada Selasa malam.

Acara pengundian nomor urut keempat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barar ini disiarkan langsung oleh Kompas TV dan dipandu oleh presenter Ronald Surapradja dan Asifa Latief.

Usai melalui prosesi pecah kendi untuk menentukan nomor urut, diketahui hasil bahwa Pasangan M Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum meraih nomor urut satu, Pasangan Tb Hasanuddin-Anton Charliyan meraih nomor urut dua, Pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu meraih nomor urut tiga dan Pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi meraih nomor urut empat.

"Keputusan KPU Jawa Barat tentang pengundian nomor urut pasangan calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat ialah nomor urut satu Pasangan M Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, nomor urut dua Pasangan Tb Hasanuddin-Anton Charliyan, nomor urut tiga Pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan nomor urut empat Pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi," kata Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018