Kudus (ANTARA News) - Sebanyak 67 pebulutangkis muda yang lolos di tahap final hari kedua akan digembleng selama masa karantina yang akan berlangsung besok hingga 16 September 2017. 

"Di karantina nanti mereka akan mengikuti latihan yang sudah diatur di PB Djarum, lalu kami akan mengembleng mereka dalam hal kemandirian mereka di asrama," ujar salah satu Pelatih PB Djarum Engga Setiawan di Kudus, Minggu. 

Engga mengatakan, para peserta juga akan menjalani tes fisik sesuai prosedur Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), mulai dari lari hingga teknik. 

"Kita juga ada tes fisik sesuai prosedur PBSI. Ada tes lari, skipping, kelincahan, kelenturan dan lain-lain. Sementara untuk teknik, akan banyak game untuk diadu atau dilawankan lagi," kata dia. 

Lebih lanjut Engga menyatakan bahwa Tim Pelatih PB Djarum tidak mematok angka jumlah peserta yang diterima menjadi atlet PB Djarum. Meski beberapa nama sudah menjadi incaran para pelatih. 

"Tidak ada patokan jumlah angka peserta. Pada proses karantina ini kami ingin memastikan kembali agar kami lebih yakin lagi dengan calon-calon atlet yang akan kami bina," jelas Engga.


Catatan tim pelatih

Tim pelatih menilai tahap final audisi kali ini cukup menguras banyak tenaga dan konsentrasi mereka. Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi mengungkapkan, para peserta yang terpilih memiliki konsistensi dan semangat juang untuk menampilkan permainan terbaiknya.

"Para pemain banyak yang bermain baik dan menunjukkan permainan yang maksimal. Jadi sempat agak sulit bagi kita untuk menentukan siapa-siapa yang lolos ke Tahap Karantina," tutur Fung. 

Usai dinyatakan lolos, ke-67 peserta akan masuk ke tahap karantina selama sepekan pada 11-16 September 2017. 

Di masa karantina ini para Pelatih PB Djarum akan melihat lebih intens dan lebih dekat kualitas yang dimiliki setiap peserta yang lolos. 

Di akhir masa karantina, pada 16 September, PB Djarum akan mengumumkan siapa saja peserta yang layak mendapatkan beasiswa bulu tangkis. 


Fasilitas bagi yang diterima

Para pemain yang berhasil diterima di PB Djarum akan mendapatkan berbagai pelatihan dan fasilitas olahraga secara lengkap termasuk pendidikan dan pelatihan dari para pelatih bulutangkis berpengalaman. 

Berbagai fasilitas yang tersedia di GOR Djarum akan menjadi sarana mereka berlatih setiap harinya ditambah seluruh peralatan dan perlengkapan olahraga secara gratis. 

Para atlet juga akan mendapatkan jaminan tempat tinggal di asrama dengan kualitas terbaik dan pemenuhan gizi sesuai standar atlet.

Kemudian, untuk menunjang prestasi mereka, para pemain di PB Djarum dipastikan akan mendapatkan kesempatan bertanding dan berkompetisi lebih banyak di berbagai ajang kejuaran bulutangkis.

"Ini sangat penting untuk memberikan pengalaman dan membangun mental bertanding mereka,” kata Fung. 


Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017