Berlin (ANTARA News) - Para ahli menjinakkan bom era Perang Dunia II yang belum meledak di Kota Koblenz, Jerman bagian barat, Sabtu (2/9), sementara evakuasi besar-besaran dimulai di Frankfurt untuk menyingkirkan bom yang lebih besar lagi.

Sekitar 21.000 warga diminta meninggalkan daerah di Koblenz saat bom seberat 500 kilogram dijinakkan, dan upaya itu berhasil sebelum pemadam kebakaran mengizinkan warga kembali ke rumah mereka.

Operasi tersebut berlangsung sehari sebelum orang-orang meninggalkan rumah mereka di Frankfurt untuk memungkinkan penetralan bom Royal Air Force dalam evakuasi pascaperang terbesar di Jerman.

Bom Inggris itu ditemukan di pusat kota Frankfurt beratnya sampai 1,8 ton dan penjinakannya, yang direncanakan Minggu, mendorong protokol evakuasi yang jauh lebih besar, yang memengaruhi lebih dari 60.000 penduduk.

Pemerintah kota tersebut menyatakan kepolisian akan memberlakukan zona evakuasi dalam radius 1.500 meter mulai Minggu pagi dan warga mungkin harus menjauhi kawasan itu sampai pukul 20.00 (1800 GMT).

Tujuh dekade setelah akhir Perang Dunia II, bom yang belum meledak dalam serangan Sekutu pada Nazi Jerman kadang-kadang ditemukan di lokasi konstruksi, hutan dan ladang dan bahkan di kebun pribadi menurut warta kantor berita AFP.(mr)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017