Palembang (ANTARA News) - Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Selatan menggalakkan sosialisasi lima program untuk memfasilitasi masyarakat muslim di provinsi ini mendistribusikan zakat dan infaqnya.

"Ada lima program yang bisa digunakan masyarakat untuk menyalurkan zakat dan infaqnya yakni Sumsel Makmur, Sumsel Cerdas, Sumsel Taqwa, Sumsel Sehat, dan Sumsel Peduli, namun hingga kini belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga perlu digalkaan kegiatan sosialisasi program tersebut," kata Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumatera Selatan Najib Haitami, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, masyarakat yang tergolong mampu diharapkan dapat memanfaatkan lima program tersebut, karena dengan masukan dana yang besar bisa dikelola maksimal serta disalurkan kepada masyarakat yang benar-benar berhak dan membutuhkannya secara luas.

Melalui program itu diharapkan dapat memenuhi harapan pemberi zakat dan infaq yakni dana yang dititipkan tepat sasaran, serta bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat yang tergolong kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mengatasi berbagai masalah keuangannya, katanya.

Dia menjelaskan, pengelolaan dan penyaluran dana zakat dan infaq yang telah dilakukan dengan baik selama ini akan terus dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya sehingga masyarakat yang dibantu diharapkan pada gilirannya juga dapat ikut memberikan zakat dan infaqnya ke Baznas.

Masyarakat yang selama ini dibantu sudah cukup banyak berhasil keluar dari kondisi kehidupan yang miskin dan mulai berpartisipasi mendukung program Baznas.

Sebagai gambaran, masyarakat yang dibantu biaya pendidikan saat ini cukup banyak yang berhasil menyelesaikan sekolahnya dengan baik dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Penerima bantuan yang telah berhasil tersebut saat ini menjadi salah satu kelompok pembayar zakat dan infaq yang cukup besar dan mendukung program sosial kemanusiaan yang dilaksanakan Baznas Sumsel dengan cakupan yang lebih luas, ujar dia pula.

(Baca: Baznas Kota Bogor kumpulkan Rp7,4 miliar)

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017