Evakuasi terhadap para penumpang menggunakan perahu milik nelayan setempat."
Sumenep (ANTARA News) - Petugas gabungan dibantu nelayan Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, berhasil mengevakuasi 360 penumpang kapal mudik gratis KM Express Bahari 9C rute Pelabuhan Jangkar (Situbondo) menuju Pelabuhan Raas yang kandas di perairan setempat.

"Sesuai dengan laporan terakhir dari pimpinan Polsek Raas, evakuasi terhadap seluruh penumpang kapal mudik gratis itu telah tuntas. Semuanya selamat," ujar Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Sumenep AKP Suwardi dalam keterangan pers, Minggu dini hari.

Saat ini sebanyak 360 penumpang kapal mudik gratis Jangkar-Raas yang bertolak dari Pelabuhan Jangkar pada Sabtu (17/6) pukul 15.00 WIB itu telah berada di daratan dan bertemu dengan kerabatnya.

Pada hari Sabtu (17/6) sekira pukul 17.00 WIB, Kapal Express Bahari 9C kandas di Perairan Pulau Kalosot, Desa Brakas, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Kapal motor itu baling-balingnya dilaporkan tersangkut karang sehingga tidak bisa melakukan pergerakan pada posisi sekitar satu mil laut dari Pelabuhan Raas.

"Evakuasi terhadap para penumpang menggunakan perahu milik nelayan setempat. Saat ini, di kapal hanya terdapat 12 kru kapal. Sesuai dengan hasil evaluasi awal mereka, baling-baling kapal mengalami kerusakan akibat kandas," kata Suwardi.

Ia juga memastikan tidak ada korban jiwa dalam kasus kandasnya kapal mudik gratis tersebut.

Program kapal mudik gratis dengan rute Jangkar-Raas itu merupakan salah satu kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada masa angkutan Lebaran 2017.

Pada hari Sabtu (17/6) kapal tersebut melayani dua kali mudik gratis dari Jangkar ke Raas, yakni bertolak dari Pelabuhan Jangkar pada pukul 09.00 WIB (tahap pertama) dan pukul 15.00 WIB (tahap kedua).

Kapal itu mengalami kandas ketika dalam proses melayani mudik gratis untuk jadwal pemberangkatan tahap kedua.

Pewarta: Abd Aziz & Slamet Hidayat
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017