Bogor (ANTARA News) - Apa cara Pramuka membuat anak-anak muda kita waspada peredaran berita bohong atau berita plintiran untuk kepentingan tertentu alias fake news? Mereka menggelar Kemah Jurnalistik guna meningkatkan kemampuan anggota Penegak dan Pandega dalam membaca dan menulis berita.

"Kemah Jurnalistik ini pertama kali dilaksanakan Pramuka di Jawa Barat, semoga ini menjadi inspirasi bagi daerah lain," kata Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Bogor, Ade S Hidayat, di Bogor, Sabtu.

Kemah Jurnalistik akan dilaksanakan 12-14 Mei 2017, diikuti sekitar 180 peserta tingkat Penegak dan Pandega dari berbagai wilayah yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Sukabumi, Kota Depok dan Kabupaten Cianjur.

Ketua Satuan Kegiatan Jurnalistik Kwartir Cabang Kota Bogor, Sadam Zaenuddin, menjelaskan, tujuan dari Kemah Jurnalistik itu memberikan wawasan dan pengalaman anggota Pramuka dalam keterampilan serta pengembangan jurnalistik.

"Saat ini berita bohong menyebarluas di masyarakat, Pramuka ASEAN menyatakan seriap Pramuka ada kantor berita, agar berita yang disiarkan tersebut tidak menjadi berita bohong, perlu peningkatan kemampuan jurnalistik pramuka," kata dia. 

Para peserta akan mendapatkan materi dari para jurnalis dan kunjungan ke redaksi media massa di Kota Bogor.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017