Surabaya (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Jawa Timur menyatakan jumlah pengidap HIV di Kota Pahlawan turun, dari 935 orang pengidap HIV pada 2014 menjadi 923 orang pada 2016.

"Penurunan tersebut salah satunya karena adanya upaya Pemkot Surabaya untuk memulangkan pekerja seks komersial (PSK) ke daerah asalnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rahmanita saat jumpa pers di Pemkot Surabaya, Rabu.

Menurut dia, dari tahun ke tahun jumlah pengidap HIV yang ada di Surabaya terus mengalami penurunan yakni dari jumlah 935 pengidap HIV pada 2014 turun menjadi 933 orang pada 2015 dan kembali turun pada 2016 menjadi 923 orang.

Selain itu, lanjut dia, bila berdasarkan wilayah bekas lokalisasi, untuk wilayah eks lokalisasi Sememi yang dulunya 57 orang kini menjadi lima orang, eks kawasan Dupak Bangunsari dari 68 orang menjadi empat orang serta di eks lokalisasi Dolly dari 110 menjadi 36 orang.

"Jumlah tersebut diketahui dari hasil pemeriksaan di puskesmas dan juga hasil razia yang dilakukan Satpol PP di kawasan eks lokalisasi ataupun di kos-kos an yang awalnya positif narkoba kemudian kami tes HIV. Tidak semuanya merupakan PSK, ada juga ibu rumah tangga, karyawan, buruh kasar juga seniman," katanya.

Berdasarkan data tersebut, lanjut dia, jumlah penyandang HIV di Surabaya memang terbilang masih cukup tinggi. Itu tidak lepas dari fakta banyaknya jumlah penduduk Surabaya serta semakin bertambahnya warga pendatang.

Apalagi, dari hasil temuan, jumlah warga Surabaya dan luar Surabaya adalah satu berbanding 10. "Semakin banyak penyandang HIV ditemukan, itu berarti surveillance (pengawasan) kita bagus. Dan yang terpenting adalah kami terus melakukan pendampingan dengan dipantau minum obatnya atau bisa kita rujuk ke rumah sakit," katanya.

Ia mengatakan di Surabaya ada sembilan rumah sakit untuk melakukan pengobatan pengidap HIV, di antaranya RSUD Soewandhie, RSUD Bakti Darma Husada (BDH), RSAL Rumah Sakit Bhayangkara dan RS Unair. Serta ada tujuh Puskesmas yakni Putat, Perak Timur, Sememi, Dupak, Jagir, Kedurus dan Kedung Doro.

"Itu untuk pengobatan ARF (Anti Retrofarial). Kalau untuk pemeriksaan sudah bisa ke seluruh Puskesmas. Kami punya 63 Puskesmas dan kami punya data plus alamat penyandang HIV," katanya.

Selain itu, kata dia, Pemkot Surabaya juga terus meningkatkan pemeriksaaan HIV kepada mereka yang terjaring di kawasan tersebut. Termasuk juga melakukan pemeriksaan kepada ibu hamil.

"Kami terus melakukan monitoring di kawasan eks lokalisasi. Termasuk melakukan penyuluhan di kelurahan dan juga tempat-tempat umum seperti terminal. Kami juga meningkatkan pemahaman kepada warga agar tidak ada stigma negatif dan diskriminasi terhadap pengidap HIV," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017