Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik di Indonesia dan juga meraih peringkat ke-162 jurusan Akuntasi dan Keuangan terbaik di dunia.

"Penilaian tersebut dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking by Subject tahun 2017 terhadap 1.100 institusi di 74 negara di dunia," kata Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik Universitas Indonesia di Depok, Sabtu.

Jurusan Akuntansi dan Keuangan UI berada di bawah naungan Departemen Akuntansi dan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI (FEB UI) yang telah berkiprah sejak tahun 1950.

Pada kategori Accounting and Finance, UI menduduki peringkat 162 Dunia dan 39 di Asia. Sementara itu pada kategori Economics and Econometrics, UI berada pada peringkat 367 dunia dan 73 di Asia.

Sedangkan secara keseluruhan pada rumpun Social Sciences and Management, UI berada pada peringkat 207 Dunia dan 69 di Asia.

Sementar itu Dekan Dekan FEB UI Ari Kuncoro mengatakan pencapaian FEB UI tidak terlepas dari pemenuhan seluruh parameter pemeringkatan. Sesuai dengan visi FEB untuk menjadi pusat pembelajaran ekonomi dan bisnis yang unggul di Asia, saat ini FEB UI fokus pada peningkatan kurikulum dan kegiatan akademik berbasis internasional.

FEB UI juga tergabung dalam jaringan akreditasi internasional serta aktif berkolaborasi dalam pendidikan bilateral dengan berbagai negara di Asia, Eropa dan Australia.

Diharapkan dengan upaya internasionalisasi tersebut, FEB UI mampu mencetak pemimpin yang memiliki tanggung jawab sosial dan mampu menghadapi perubahan lingkungan global.

Sebelumnya, pada Januari 2017, FEB UI juga meraih penghargaan sebagai Sekolah Bisnis Unggul dengan jaringan internasional yang luas (Excellent Business School with Reinforcing International Influence) dan meraih peringkat ke-39 dari 150 Sekolah Bisnis Terbaik di Asia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Eduniversal Best Business School Ranking, sebuah lembaga pemeringkatan internasional ternama berbasis di Perancis yang telah diakui dunia.

Pemeringkatan QS World University Ranking by Subject tahun 2017 didasarkan pada empat parameter yaitu Academic reputation yaitu mengukur unsur akademik secara menyeluruh Employer reputation yaitu mengukur kualitas dan reputasi para alumni perguruan tinggi di dunia kerja.

Selain itu Research Citations per paper yaitu mengukur jumlah kutipan (citation) pada setiap publikasi ilmiah yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi, H-index yaitu mengukur produktivitas dan dampak publikasi ilmiah yang dihasilkan para peneliti/dosen perguruan tinggi.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017