Sidoarjo (ANTARA News) - Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur menyuguhkan penampilan seni jaranan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri sebagai salah satu upaya untuk mendukung kesenian daerah.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya Anom Fitranggono, Sabtu mengatakan, penampilan paguyuban seni jaranan Kabupaten Kediri Di Bandara Juanda T1 Sidoarjo menunjukkan semangatnya dalam berpartisipasi di program "Culture Port".

"Kegiatan ini sebagai upaya mengenalkan budaya Jawa Timur kepada para penumpang. Hari ini Sanggar Turonggo Mego Budoyo dari Paguyuban Seni Jaranan (Pasjar) yang berkesempatan unjuk tampil di Terminal 1 Bandar Internasional Juanda," katanya.

Ia mengemukakan, kegiatan ini juga dilakukan untuk menghibur para penumpang yang menggunakan jasa di Bandara Juanda saat liburan Tahun Baru 2017 seperti sekarang ini.

"Paguyuban ini merupakan penampilan kedua dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri yang tampil di bandara untuk menghibur penumpang saat liburan panjang seperti sekarang ini," katanya.

Ia mengatakan, paguyuban seni jaranan kali ini menampilkan tari jaranan, tari barongan, dan tari ganongan serta diiringi musik gamelan beserta penyanyinya.

"Masing-masing tarian yang disajikan memiliki cerita khusus yang dipercaya turun temurun oleh masyarakat Kabupaten Kediri," katanya.

Ia menjelaskan, tak jauh berbeda dari pertunjukan seni sebelumnya, penampilan para penari kali ini mengundang perhatian banyak pengunjung, baik domestik maupun mancanegara.

"Beberapa di antara mereka mengabadikan pertunjukan ini dengan kamera dan tak jarang pula yang minta foto dengan para penari setelah penampilan usai," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016