Amsterdam (ANTARA News) - Ajax berhasil meraih kemenangan dalam laga lanjutan pekan ke-13 Eredivisie Liga Belanda dengan menggelar pesta lima gol tanpa balas ke gawang NEC Nijmegen di Amsterdam Arena, Amsterdam, Minggu.

Berkat kemenangan tersebut Ajax kini mengantongi 30 poin dan untuk sementara naik ke puncak klasemen menggeser Feyenoord (29) yang belum memainkan laga pekan ke-13.

Talenta muda, Kasper Dolberg, membukukan trigol dalam laga tersebut sekaligus menjadi pemain termuda yang mencetak trigol di Eredivisie sejak Rafael van der Vaart pada 2001 silam dalam usia 19 tahun 45 hari.

Dolberg mencetak gol pertamanya pada menit 19 yang menyambut umpan kiriman Lasse Schoene.

Lantar lima menit berselang Dolberg menyelesaikan bola matang yang disodorkan Davy Klaassen.

Sebuah situasi bola mati pada menit 37 berujung pada umpan silang yang dilepaskan Daley Sinkgraven ke dalam kotak penalti di mana Dolberg melompat cukup tinggi untuk menyambut datangnya bola dan menyundulnya ke dalam gawang sekaligus melengkapi raihan trigolnya.

Ajax memperbesar keunggulan mereka menjadi 4-0 saat sepakan kaki kiri Bertrand Traore berhasil mengarahkan bola ke sudut kanan atas gawang demi menyelesaikan umpan kiriman Davinson Sanchez.

Gol penutup pesta Ajax dicetak oleh Schoene yang melepaskan tendangan terarah dari luar kotak penalti atas bola sodoran Dolberg pada menit 55.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Ajax (4-3-3): Andre Onana (PG); Joel Veltman, Davinson Sanchez, Nick Viergever, Daley Sinkgraven (Mitchell Dijks); Davy Klaassen, Lasse Schoene (Jairo Riedewald), Hakim Ziyech; Bertrand Traore, Kasper Dolberg, Vaclav Cerny (Pelle Clement)
Pelatih: Peter Bosz

NEC Nijmegen (4-3-3): Joris Delle (PG); Mikael Dyrestam, Dario Dumic, Wojciech Golla, Andre Fomitschow; Janio Bikel (Michael Heinloth), Julian von Haacke (Reagy Ofosu), Gregor Breinburg; Ferdi Kadioglu (Robin Buwalda), Kevin Mayi, Mohamed Rayhi
Pelatih: Peter Hyballa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016