Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melantik Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) yang baru Gati Wibawaningsih, menggantikan pendahulunya Euis Saedah yang telah memasuki masa pensiun.

"Pelantikan hari ini merupakan hal yang istimewa, karena yang dilantik adalah satu-satunya wanita yang diberi tugas sebagai dirjen di lingkungan Kemenperin," kata Airlangga di Jakarta, Rabu.

Airlangga menyampaikan, hal tersebut merupakan penjabaran dari kepedulian Kemenperin terhadap isu gender dan emansipasi.

Proses pengisian jabatan Dirjen IKM dilaksanakan melalui Panitia Seleksi sesuai dengan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASIN).

Dalam kesempayan itu, Airlangga menyampaikan bahwa IKM memiliki peran yang strategis dalam perekonomian nasional, karena berkontribusi signifikan dalam menyediakan lapangan usaha.

IKM juga merupakan suatu unit usaha yang banyak dikelola oleh masyarakat dan tersebar hampir di seluruh pelosok tanah air.

Airlangga menekankan pentingnya menumbuhkan IKM secara cepat dalam rangka mengisi persebaran industri yang ingin dicapai dalam lima tahun ke depan, yakni penciptaan 20.000 wirausaha kecil baru, 4.500 orang wirausaha menengah, serta rasio persebaran sektor IKM Jawa dan luar Jawa sebesar 60,34 banding 39,66.

Gati Wibawaningsih lahir di Bogor pada 25 Juli 1961. Sebelum dilantik menjadi Dirjen IKM, Gati menjabat sebagai Direktur Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan IKM Kemenperin.


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016