Jakarta (ANTARA News) - Kendaraan milik para peziarah yang berkunjung ke Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat, menyebabkan arus lalu lintas di depan TPU tersebut menjadi tersendat karena banyak yang diparkir di badan jalan.

Dari pantauan Antara di TPU Karet Bivak di Jakarta pada Kamis, TPU itu sejak pagi pada hari kedua Lebaran 2016 dipadati peziarah yang ingin menengok makam dan membacakan doa untuk sanak saudara yang telah tiada.

Namun akibat banyak kendaraan yang diparkir di badan jalan, lalu lintas di jalan-jalan sekitar TPU Karet Bivak menjadi tersendat.

Arus lalu lintas di sekitar lokasi pemakaman terpantau padat, salah satunya di jalan arah Pejompongan.

Selain adanya peziarah yang memarkir kendaraan roda dua dan roda empat di badan jalan di luar pemakaman, ada juga beberapa peziarah yang membawa masuk dan mengendarai sepeda motornya di dalam area pemakaman.

Sementara itu, suasana di TPU Karet Bivak, terutama Blok AA I dan Blok AA II Unit Islam tampak ramai, di mana para peziarah duduk atau berjongkok sambil menaburkan bunga dan membacakan doa di makam-makam yang mereka kunjungi.

Kegiatan berziarah ke makam almarhum sanak saudara pada hari Lebaran memang telah menjadi tradisi di beberapa daerah di Indonesia.

Selain ramai peziarah, TPU Karet Bivak juga dipadati oleh para penjual, terutama penjual yang menyediakan bunga dan air mawar bagi para peziarah.

Para penjual bunga tidak hanya dapat ditemui di luar area makam di dekat jalan, namun ada juga penjual bunga yang berjualan di dalam area pemakaman.

Selain itu, area pemakaman Karet Bivak juga dipenuhi dengan para pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman.

Beberapa peziarah tampak membeli makanan dan minuman usai mengunjungi makam.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016