Cari kerja juga agak mudah kalau masuk PTN ternama, pasti banyak teman baru juga
Jakarta (ANTARA News) - Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hari ini pukul 14.00 WIB membuat siswa-siswa seluruh Indonesia tidak tenang.

Senang, takut, sekaligus deg-degan, dirasakan oleh Hanif Febriyansyah, siswa SMA 2 Tangerang.

"Deg-degan, apalagi kemarin enggak keterima SNMPTN,” kata Hanif kepada Antaranews melalui sambungan telepon.

Siswa berusia 18 ini mengincar jurusan Ilmu Hukum pada Universitas Padjadjaran dan Universitas Brawijaya, serta Hubungan Internasional pada Universitas Sebelas Maret.

Ia cemas menantikan pengumuman siang ini mengingat telah gagal pada tes sebelumnya sehingga tidak berharap begitu banyak pada pengumuman kali ini.

Sambil menunggu pengumuman siang ini, ia dan orang tuanya mendaftar ke salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta sebagai alternatif jika pintu perguruan tinggi tertutup untuknya.

Cemas juga dirasakan siswi SMA di Depok, Tiara Myas Utami, yang ingin sekali masuk Universitas Indonesia.

"Deg-degan tapi enggak sedegdegan pas pengumuman SNMPTN dan merasa lebih optimistis buat ini," kata Tiara.

Tiara sangat ingin masuk kampus idamannya, terbukti dari tiga pilihan yang ia masukkan semuanya berada di kampus ini; Bahasa Prancis, Antropologi dan Belanda.

"Saya minat di semua jurusan yang saya pilih," aku dia.

Sedangkan Wayan Iswara dari SMAK Ora et Labora merasa sedikit tidak percaya diri menanti pengumuman siang ini.

"Soalnya pesaingnya banyak banget,” kata Wayan yang baru kali ini mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri.

Dengan keinginan sendiri dan masukan dari orang tua, Wayan memilih jurusan Ilmu Komputer pada Universitas Indonesia, dan Universitas Padjadjaran, serta Bahasa Indonesia UI.

Mitra Adelia dari dari SMKN 51 Jakarta Timur pun cemas menanti pengumuman dan memilih menunggu hasil SBMPTN sebelum menentukan kampus alternatif.

Sedikit berbeda dengan Anggun Wijayanti yang berasal dari SMAN 1 Karanganyar. Saat dihubungi melalui pesan singkat, ia mengaku biasa-biasa saja.

"Nanti mendekati baru deg-degan," kata dia.

Anggun mengaku berserah diri dan meminta hasil yang terbaik untuk dirinya.

Memburu PTN

Perguruan tinggi negeri (PTN) hingga kini masih menjadi tujuan para siswa SMA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Anggun, yang memilih Desain Komunikasi Visual pada Universitas Negeri Semarang, Ilmu Politik pada Universitas Jenderal Soedirman dan Ilmu Komputer Universitas Negeri Yogyakarta, mengaku sejak dulu bercita-cita masuk kampus negeri.

"Selain biaya terjangkau,  mutu dan kualitas universitas negeri terjamin," kata Anggun.

Ia menggantungkan harapannya bersekolah di perguruan tinggi negeri melalui tes SBMPTN dan mengaku belum menyiapkan cadangan sekolah.

"Menunggu pengumuman dulu," kata dia.

Ia berharap sekali dapat diterima di tempat yang ia tuju, terutama jurusan DKV karena sangat sesuai dengan minatnya.

Biaya pendidikan yang relatif lebih murah juga menjadi alasan Wayan mendaftar ke perguruan tinggi negeri sehingga selain SBMPTN, ia juga mengikuti tes langsung di universitas negeri seperti SIMAK UI.

"Cari kerja juga agak mudah kalau masuk PTN ternama, pasti banyak teman baru juga," kata Wayan

Ia merasa akan berkembang dengan baik bila berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri favorit.

Adelia pun mendapat saran dari teman-temannya yang lulusan universitas negeri bahwa bersekolah di kampus negeri, membuat biaya pendidikan relatif tidak mahal dan peluang mendapatkan pekerjaan setelah lulus pun lebih cepat.

Meskipun keinginan Adelia cukup besar untuk dapat masuk Pendidikan Ekonomi UNJ, Akuntansi Undip dan Pendidikan Ekonomi Unsri, ia tetap akan menyiapkan cadangan bila tidak tembus tes yang diumumkan hari ini.

"Kalau harus di swasta, saya mau akuntasi," kata dia.

Tiara berpendapat dengan masuk PTN, ia dapat membuat orang tuanya bangga. Sedangkan bagi Hanif, yang terpenting adalah ia dapat melanjutkan sekolah sesuai dengan keinginannya.

"50 persen, yang penting jurusan sesuai minat," kata dia.

Ia melihat sekolah yang baik pun bergantung pada dirinya menjalani pendidikan di tempat itu. "Sebagus apa pu, kalau enggak minat kuliah bagaimana?” kata dia.

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diumumkan serentak hari ini pukul 14.00 WIB yang bisa dilihat melalui laman resmi SBMPTN http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016