Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak lima BUMN bersinergi untuk meningkatkan nilai kawasan industri di Pulogadung, agar lebih mandiri dan berstandar internasional.

Lima perusahaan tersebut yaitu PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PT PP (Persero) Tbk, PT Telkom (Persero) Tbk, PT Pelindo II (Persero), PT Nindya Karya (Persero).

Turut juga terlibat dalam sinergi tersebut yaitu PT Multi Terminal Indonesia, anak usaha PT Pelindo II (Persero), serta Telkom University, perguruan tinggi yang didirikan PT Telkom Tbk.

"Sinergi ini membantu upaya kami untuk mewujudkan target transformasi kawasan industri di Pulogadung, menjadi perusahaan kawasan industri berbasis infrastruktur kelas dunia," kata Direktur Utama PT JIEP Rahmadi Nugroho, Senin.

Rahmadi menjelaskan sinergi dengan Telkom, PP, serta Nindya Karya akan meningkatkan fasilitas dan infrastruktur di kawasan industri yang dikelola JIEP.

Ruang lingkup nota kesepahaman dengan Telkom meliputi pengelolaan pusat kesehatan dan penggunaan kartu pintar (smart card) di di Kawasan JIEP, pengelolaan media luar ruangan, serta cross selling product dan joint marketing.

Adapun dengan PP dan Nindya Karya ruang lingkup kerja sama berupa pengembangan dan optimalisasi lahan di Kawasan JIEP, khususnya di Blok I.

Ia menerangkan sinergi dengan Telkom University akan membantu menjadikan kawasan industri Pulogadung The Centre for National Creative Industry.

"Sehingga kehadiran Telkom University akan menjadi mitra yang andal dalam merintis realisasi hal tersebut," ucapnya.

Sedangkan dengan Pelindo II sinergi ini akan menjadi awal transformasi Kawasan JIEP untuk mendukung sistem logistik nasional (Sislognas), menjadi lebih baik. "Sistem logistik yang baik akan meningkatkan daya saing bangsa," tambahnya.

Pelindo II dan JIEP kini tengah merintis adanya International Halal Hub, serta The International Logistics and Supply Chain Management Centre. "Lokasi strategis dengan konektivitas yang tinggi di kawasan JIEP, sangat tepat untuk merealisasikan rencana ini," jelasnya.

Pelindo II dan JIEP kini tengah merintis adanya International Halal Hub, serta The International Logistics and Supply Chain Management Centre.

"Lokasi strategis dengan konektivitas yang tinggi di kawasan JIEP, sangat tepat untuk merealisasikan rencana ini," ujar Rahmadi.

(R017)

 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016