Surabaya (ANTARA News) - Mahasiswa Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) membuat inovasi aneka makanan berbahan dasar tempe sebagai makanan asli Indonesia, seperti pizza tempe, burbung rebung tempe, formula tempe, dan bubur tempe.

"Dengan berbahan baku tempe itu, maka makanan dari olahan tempe itu akan mempunyai khasiat untuk kesehatan," kata Pembimbing Penelitian, Mundakir, di kampus setempat, Surabaya, Selasa.

Ia mengatakan Pizza Tempe mampu menjadi solusi cerdas untuk jalanan sehat bagi anak anak sekolah, sebab Pizza Tempe ini tidak menggunakan bahan pengawet.

"Pizza Tempe ini mengandung protein cukup tinggi. Selain itu juga menjadi jajanan berselera internasional, harganya juga terjangkau," kata Pencipta Pizza Tempe, Anggi Tesia Sanusi.

Anggi membuat berbagai ukuran pizza tempe, mulai dari yang kecil hingga yang ukuran besar. Untuk ukuran kecil dijual seharga Rp4.500, harga tersebut cukup terjangkau untuk anak-anak sekolah, sedangkan untuk ukuran sedang dipatok dengan harga Rp5.500.

"Tempe pun mengandung kalsium, zink dan juga mineral yang mampu menurunkan kolesterol. Selain itu juga mengandunng alpha dan gamma tocopherol (Vitamin E) yang berfungsi sebagai anti oksidan yang mampu menjaga kerusakan sel," paparnya.

Selain itu, Nur Fiki juga membuat inovasi dari bahan tempe yang mampu mencegah terjadinya stroke. Inovasi tempe ini adalah burbung rebung tempe.

"Rebung juga mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, thiamin. Riboflavin, vitamin C, serta mineral lain seperti kalsium, fosfor, besi, dan kalium," paparnya.

Kandungan kalium, katanya, dalam rebung cukup tinggi, per 100 gram rebung mengandung 533 mg kalium. Makanan yang sarat kaliun minimal 400 mg dapat mengurangi risiko stroke.

Fiki juga menjelaskan bahwa peran kalium mirip dengan natrium yaitu bersama sama dengan klorida membantu menjaga tenanan osmotic dan keseimbangan asam basa.

Pewarta: Indra Setiawan/Laily Widya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016