Makassar (ANTARA News) - Artis dangdut kenamaan Ike Nurjanah dijadwalkan memeriahkan Festival Pesona Pulau Sanrobengi di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan mulai 27-29 Mei 2016.

"Panitia telah mendapatkan kepastian dari Ike Nurjanah untuk datang memeriahkan sekaligus menghibur penonton pada pembukaan Festival Pesona Pulau Sanrobengi nanti," ujar Kepala Bidang Pariwisata Kabupaten Takalar Aswad dalam siaran persnya, Kamis.

Selain Ike Nurjanah, lanjut Aswad, sejumlah artis lokal Sulsel yang pernah berkiprah di kancah nasional turut menghibur di panggung utama Festival Pesona Pulau Sanrobengi.

Pengisi hiburan bukan hanya dari artis ibu kota maupun lokal, kata dia, akan ditampilkan pula kesenian daerah seperti tari tradisional, pertunjukan seni alat musik gendang, dan lainnya.

"Ada juga atraksi demo paramotor dan pesta kembang api serta beberapa lomba turut memberikan hiburan bagi para pengujung pada festival kali ini," tuturnya

Menurut dia, Festival Pesona Pulau Sanrobengi 2016 dikemas lebih menarik dan aktraktif oleh Pemerintah Kabupaten Takalar sebagai pelaksana yang didukung penuh Pemprov Sulsel serta Kementerian Pariwisata.

Festival yang ketiga kalinya ini, tuturnya, kembali dipusatkan di Pulau Sanrobengi di Desa Boddia Kecamatan Galesong, Takalar dikenal dengan keindahan pulau berpasir putih serta aneka ragam biota bawah lautnya.

Beberapa item kegiatan yang melibatkan masyarakat umum juga digelar seperti lomba perahu atau jolloro, lomba tarik tambang perahu, lomba menghias perahu, lomba fotografi, lomba angngaru.

Selanjutnya, lomba memancing, lomba layang-layang tradisional, Lomba tari kreasi, lomba tunrung pakanjara, lomba atraksi drumband, serta pemilihan Duta wisata Kabupaten Takalar.

Bahkan atraksi dan hiburan lain juga ditanpilkan seperti ritual keselamatan pelaut takalar atau Patorani, pementasan tari paraga, tari pepeka Rimakka, pesta kembang api dan atraksi demo paramotor.

"Kami juga berupaya untuk mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia atau Muri berupa makan terbanyak telur ikan terbang dengan peserta terbanyak, senam massal. Selanjutnya kemah pesisir, dan pameran hasil laut," tambah Aswad.

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016