Jepara (ANTARA News) - Frekuensi keberangkatan kapal penumpang dari Kabupaten Jepara ke Pulau Karimunjawa di Jawa Tengah ditambah menyusul naiknya jumlah wisatawan yang berlibur ke pulau tersebut.

"Awalnya, jadwal keberangkatan kapal penyeberangan ke Karimunjawa untuk Express Bahari hanya empat kali keberangkatan dari Pelabuhan Jepara menuju Karimunjawa, kini bertambah," kata Kepala Bidang Perhubungan Laut di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jepara Sutana di Jepara, Rabu.

Biasanya, kata dia, jadwal keberangkatan kapal cepat tersebut menuju Karimunjawa setiap hari Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu, sedangkan dari Karimunjawa menuju Jepara setiap hari Senin, Rabu, Sabtu, dan Minggu.

Sementara penambahan jadwal keberangkatannya, kata dia, pada hari Rabu sekali keberangkatan dan Kamis dua kali keberangkatan.

Adapun kapasitas penumpang untuk Kapal Motor Penumpang (KMP) Siginjai, kata dia, sebanyak 260 penumpang, sedangkan Expres Bahari sebanyak 410 penumpang.

Untuk jadwal keberangkatan KMP Siginjai dari Pelabuhan Kartini Jepara, yakni pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu, sedangkan dari Karimunjawa, yakni Selasa, Kamis, Jumat dan Minggu.

Membludaknya calon penumpang yang hendak berlibur ke Karimunjawa, membuat banyak wisatawan tidak kebagian tiket..

Ia memperkirakan, banyak calon penumpang yang membeli tiket secara online, sehingga wisatawan yang belum memesan tidak mendapatkan tiket.

Untuk mengatasi banyaknya calon penumpang yang hendak berwisata ke Karimunjawa tidak mendapatkan tiket, akhirnya jadwal keberangkatan kapal ditambah, khususnya Express Bahari.

Saat ini, kata dia, tidak ada lagi calon penumpang yang menunggu di pelabuhan karena sudah terangkut kapal, baik Si Ginjai maupun Express Bahari.

Liburan panjang akhir pekan ini, kata dia, memang didukung dengan cuaca Laut Jepara yang cukup baik, karena ketinggian gelombang laut kurang dari 1 meteran, sedangkan kecepatan angin sekitar 15-an knot.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016