Malang (ANTARA News) - Kantor Imigrasi Kelas I Malang, Jawa Timur, menargetkan pembuatan paspor untuk calon haji 2016 yang dimulai 4 April bisa tuntas bulan Juni.

Meski memasang target tuntas Juni, Kepala Seksi Informasi Sarana Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Malang Hanifah Aryani mengatakan Kantor Imigrasi sebisa mungkin akan menyelesaikannya pertengahan Mei.

"Jumlah paspor haji yang bakal kami selesaikan sesuai dengan porsi dari masing-masing daerah di wilayah kerja kami. Namun untuk target penyelesaian memang tergantung dari berkas yang diserahkan para calon haji melalui (Kantor Wilayah) Kementerian Agama masing-masing," katanya di Malang, Senin.

Tahun ini ada 5.631 calon haji dari Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Kantor Imigrasi Kelas I Malang memulai proses pembuatan paspor untuk para calon haji pada 4 April.

Ia menjelaskan, calon haji yang ingin mengurus paspor bisa menyerahkan dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, serta akta kelahiran atau ijazah atau surat nikah ke Kantor Imigrasi, yang selanjutnya akan memverifikasi berkas, mewawancarai, dan mengambil foto mereka.

Pelayanan pembuatan paspor haji dilakukan di Aula Kantor Imigrasi dan dikoordinasi oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama dan kelompok bimbingan ibadah haji masing-masing.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016