Medan (ANTARA News) - Sebanyak delapan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 4-6 April 2016.

"Untuk tahun ini hanya delapan SMK di Serdang Bedagai yang menggelar UN berbasis komputer," kata Kepala Dinas Pendidikan Serdang Bedagai, Jhoni Walker di Medan, Rabu.

UNBK atau yang juga dikenal juga dengan Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

Secara umum, lanjut dia, ujian nasional tahun ini diikuti sekitar 4.200 siswa SMA dan SMK sederajat di Serdang Bedagai.

Ia optimistis kelulusan siswa dapat lebih baik dari tahun sebelumnya, karena jauh-jauh hari pihaknya telah mengeluarkan imbauan kepada sekolah agar menambah jam belajar siswa demi kesiapan menghadapi ujian nasional.

Selain itu sekolah juga diminta untuk lebih seriing melakukan try out, sehingga peserta didik terbiasa untuk menghadapi suasana ujian.

"Yang penting siswa siap mental menghadapi ujian, Artinya kalau mentalnya sudah siap, maka tidak ada yang sulit dalam menjawab soal-soal ujian," katanya.

Kepada orang tua juga diimbau untuk serius memperhatikan jam belajar anaknya, terutama menjelang ujian nasional.

Dia mengatakan, pengawasan orang tua kepada anaknya sangat diharapkan ketika anak sedang berada di rumah, misalnya, orang tua bisa menanyakan apakah ada kesulitan dalam mata pelajaran yang diberikan guru di sekolah menjelang UN.

"Kami harapkan orang tua lebih mengawasi anaknya dan membatasi waktu mereka berada di luar rumah, terutama pada malam hari. mari sama-sama kita siapkan anak-anak kita untuk menghadapi UN ini," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016