Jakarta (ANTARA News) - "Spotlight", film mengenai drama jurnalisme investigasi, dinobatkan sebagai Film Terbaik Oscar 2016 dalam Academy Awards ke-88 di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

"Spotlight" mengalahkan nomine lain seperti "The Revenant", "The Room", "The Danish Girl", "Brooklyn", "Bridge of Spies", "The Big Short" dan "Mad Max: Fury Road".

Film yang dibintangi Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel McAdams, Liev Schreiber, dan Stanley Tucci diangkat dari kisah nyata tentang tim redaksi harian Boston Globe mengungkap misteri skandal pelecehan seksual pada anak yang terjadi di sebuah gereja Katolik.

"Film ini dapat menjadi corong suara bagi orang-orang yang selamat. Dan Oscar ini memperkeras suara itu, kami harap ini bisa menjadi paduan suara yang terdengar hingga ke Vatikan," kata produser Michael Sugar.

"Paus Fransiskus, sekarang waktunya untuk melindungi anak-anak dan mengembalikan keimanan. Terima kasih."

Produser Blye Pagon Faust menambahkan, "Kami tidak ada di sini sekarang tanpa upaya heroik dari para reporter. Tidak hanya mengubah dunia, mereka juga menunjukkan pada kita pentingnya jurnalisme investigasi."

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016