Kendari ( ANTARA News) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Zulkifli Hasan melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Kampus II Universitas Muhammadiyah Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis.

Pada kesempatan ini Ketua MPR juga menandatangani dokumen pembangunan gedung UMK dan maket plan Kampus II UMK di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, sekitar 40 kilometer dari Kota Kendari.

Kampus II UMK tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 12 hektare, dan akan dibangun mulai awal 2017 dengan total kebutuhan anggaran Rp6 miliar.

Zulkifli Hasan juga memberikan kuliah umum di Aula Rektorat UMK yang diikuti sekitar 500 orang mahasiswa, dengan menyinggung berbagai isu aktual antara lain masalah kesejahteraan, kebebasan, dan masalah LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender), serta isu Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Zulkifli juga berpesan kepada warga Sultra agar menjaga kelangsungan sumber daya alam, sebab dengan cara menjual hasil tambang tanpa mengolahnya terlebih dahulu dinilai sangat merugikan karena harganya rendah.

"Jangan hanya menjual tanah ke luar negeri karena hal ini sama saja menjual tanah air. Lama kelamaan habis kekayaan kita dan ini tidak dapat perbaharui," ujarnya.

Pewarta: La Ode Masrafi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016