Pontianak (ANTARA News)) - Pengurus Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang terletak di pusat kota Singkawang melakukan persiapan guna menyambut tahun baru Imlek 2567 yang akan diperingati besok.

"Sekarang kita sedang melakukan persiapan. Ada yang bersih-bersih, menyusun lilin, dupa, dan menyiapkan tempat untuk garu," kata Abuy, satu di antara Pengurus Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Minggu.

Menurutnya, vihara itu akan ramai didatangi umat nanti malam sekitar pukul 20.30 wib, sampai besok. "Nanti malam sudah ramai yang berdatangan," katanya.

Sementara She Moy, warga Tionghoa di Singkawang, mengatakan, selain momen untuk berkumpul bersama keluarga, diharapkan Imlek 2567 tahun ini dapat membawa kedamaian dunia. "Kita berdoa kepada Tuhan, supaya kita semua diberi kedamaian dunia," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang, Bong Wui Khong, mengatakan, rangkaian kegiatan perayaan Imlek dan Cap Go Meh akan dimulai pada Minggu (7/2), yaitu malam pembukaan pentas seni budaya di Stadion Kridasana.

"Dalam pergelaran ini, kita akan melibatkan belasan sanggar yang ada di kota Singkawang, untuk memperkenalkan seni budaya," katanya di Singkawang.

Kemudian, lanjutnya, pada 20 Februari, akan digelar pawai lampion dengan melibatkan semua unsur. Tanggal 21 Februari menurut tradisi sebelum pawai, para tatung akan melakukan ritual cuci jalan. Tepat pada 22 Februari, yang merupakan puncak perayaan Imlek dan Cap Go Meh, akan digelar pawai tatung.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016