Bandarlampung (ANTARA News) - Guna mengapresiasi karya sineas perfilman indie, Unit Kegiatan Mahasiswa Darmajaya Computer and Film Club Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung kembali siap menggelar Festival Film Indie Lampung 2016 tingkat nasional.

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Darmajaya Computer and Film Club (UKM DCFC) Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, Wayan Hardiyante, di Bandarlampung, Minggu, mengungkapkan bahwa Festival Film Indie (FFI) Lampung 2016 merupakan ajang ekspresi dan unjuk prestasi bagi kalangan muda sineas perfilman indie tingkat nasional yang digelar di Lampung.

Menurutnya, pendaftaran bagi peserta FFI Lampung 2016 itu telah dibuka sejak 1 Januari hingga 15 April 2016.

"Sebelumnya UKM DCFC juga telah melakukan Roadshow FFI Lampung 2016 di SMA Negeri 1 Metro, dan SMK Negeri 1 Gadingrejo Pringsewu untuk lebih memperkenalkan kegiatan ini kepada sineas film dari kalangan pelajar di Lampung," ujarnya pula.

Dia menjelaskan, FFI Lampung merupakan program tahunan UKM DCFC sejak tahun 2009. Sebelumnya bernama Festival Film Indie Darmajaya (FFI Darmajaya) dan berganti nama menjadi Festival Film Indie Lampung sejak tahun 2015.

Ia menytakan, dengan mengusung tema "Buat Cerita Filmmu Lebih Berwarna", FFI Lampung 2016 menambah satu kategori baru yakni kategori film pelajar, sehingga terdapat 14 kategori yang diperebutkan pada malam anugerah, 7 Mei 2016 mendatang.

Katagori tersebut, yakni film terbaik, sutradara terbaik, ide cerita terbaik, film Lampung terbaik, film terfavorit kategori umum, film terfavorit kategori Lampung, editor terbaik, kameramen terbaik, penata musik terbaik, aktor terbaik, aktris terbaik, pemeran pendukung pria terbaik, pemeran pendukung wanita terbaik, dan kategori film pelajar terbaik.

Wayan menambahkan, sebelum pengumuman pemenang FFI Lampung 2016 i6u, DCFC terlebih dahulu menyelenggarakan Screening Film FFI Lampung 2016 pada 18--29 April 2016.

Dalam screening itu, seluruh film peserta akan diputarkan, dan dilanjutkan dengan penjurian oleh juri nasional pada tanggal 5 Mei 2016.

Selain menyeleksi, juri nasional juga akan berbagi ilmunya tentang perfilman di Coaching Clinic, 6 Mei mendatang.

"UKM DCFC juga membuka kesempatan dan menawarkan kerja sama kepada perseorangan, perusahaan maupun instansi pemerintah dan swasta untuk berpartisipasi menjadi sponsor pada kegiatan ini," katanya pula.

Bagi yang berminat dapat menghubungi kontak personal 082281982218 (Deka) atau 089652030222 (Fitra). Sedangkan informasi pendaftaran pada kontak personal 085840659499 (Nesa), kata Wayan lagi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya IBI Darmajaya, Muprihan Thaib SSos MM mengatakan, IBI Darmajaya mendukung dan memfasilitasi minat bakat para mahasiswa melalui berbagai organisasi kemahasiswaan.

"Melalui organisasi kemahasiswaan, mahasiswa dapat belajar melatih kemampuan, membangun jiwa kepemimpinan, kemampuan memecahkan masalah, dan networking. Selain itu, juga mereka bisa mengembangkan minat bakatnya untuk meraih prestasi di bidang non akademik, termasuk dalam menumbuhkan minat dan bakat serta kreativitas di bidang perfilman indie," katanya pula.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016