Bologna (ANTARA News) - Italia ditahan seri 2-2 oleh Rumania pada laga persahabatan Selasa malam waktu setempat sehingga meningkatkan keraguan pada kemampuan Italia merebut gelar juara Euro 2016.

Tuan rumah tertinggal lebih dulu oleh gol Bogdan Stancu pada menit kedelapan, namun berhasil menyamakan kedudukan pada menit 55 ketika Claudio Marchisio menciptakan gol dari titik penalti setelah Eder dijatuhkan Dragos Grigore.

Rumania yang tak pernah kalah sejak Juni 2014 berbalik ketinggalan 1-2 setelah pemain pengganti Manolo Gabbiadini mencetak gol perdananya untuk Italia dari sundulan jarak dekat pada menit 65.

Tetapi Florin Andone sukses mempertahankan rekor tak terkalahkan Rumania setelah menciptakan gol penyama kedudukan pada menit 88 usai memanfaatkan kesalahan penjaga gawang Italia Salvatore Sirigu.

"Kami kecewa tidak menang karena kemasukkan dua menit menjelang selesai pertandingan," kata pelatih Antonio Conte kepada Rai Sport. "Saya salut para pemain telah memberikan segalanya, bermain dengan intensitas, tempo dan melakukan apa saja yang diperlukan untuk menang."

Pertahanan Italia bermasalah pada laga persahabatan Jumat pekan lalu melawan Belgia yang dimenangi Belgia 3-1. Dan kelemahan seperti itu kembali terekspos pada awal laga melawan Rumania.

Gianluigi Buffon memang melakukan penyelamatan gemilang saat mementahkan upaya Gabriel Torje pada awal laga, namun Azzurri kedodoran ketika Stancu mencuri gol akibat salah pengertian antara dua bek Matteo Darmian dan Andrea Barzagli.

Tanpa trio gelandang Andrea Pirlo, Daniele De Rossi dan Marco Verratti, Italia juga kesulitan mengendalikan permainan.  Namun situasi itu berubah ketika terjadi gol penalti dari Marchisio dan gol perdana Gabbiadini.

"Saya marah atas hasil di Belgia dan kembali kami gagal mendapatkan hasil yang sepantasnya. Semoga ini menjadi pengalaman berharga," kata Conte seperti dikutip Reuters.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015