Jadwal penerbangan lancar dan seluruh penumpang terangkut."
Banjarbaru (ANTARA News) - Jumlah penumpang arus mudik di Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, baik datang dan berangkat pada Selasa (14/7) atau tiga hari jelang (H-3) Idul Fitri mencapai 13.431 orang.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Syamsudin Noor Handy Heryudithiawan di Banjarbaru, Rabu, mengatakan bahwa jumlah penumpang diperkirakan naik lagi pada hari ini, yang arus datang dan perginya masih berlangsung.

"Jumlah penumpang pada H-3 Idul Fitri masih belum mencapai angka yang tertinggi karena puncak arus mudik diperkirakan Rabu ini ," ujarnya.

Dia memperkirakan, jumlah penumpang pesawat baik yang berangkat maupun yang datang ke Kalsel pada H-2 mampu menembus angka 14.000 lebih.

"Diperkirakan jumlah penumpang puncak arus mudik pada H-2 mencapai 14 ribu tetapi jumlahnya belum masuk karena penerbangan berlangsung hingga malam hari," ucapnya.

Menurut dia, lonjakan penumpang bisa teratasi karena dua maskapai penerbangan, yakni Lion Air dan Sriwijaya Air yang menambah penerbangan dari jadwal penerbangan normal.

Disebutkannya, Lion Air menambah penerbangan dari Banjarmasin ke Surabaya sebanyak enam kali penerbangan ditambah penerbangan ke Semarang dan Solo satu kali.

Sriwijaya Air menambah penerbangan tiga kali seminggu ke Makasar sehingga secara keseluruhan terjadi penambahan penerbangan sebanyak 24 kali pergi dan datang.

"Keberangkatan dan kedatangan pesawat tidak mengganggu jadwal penerbangan normal karena mengisi di sela-sela waktu kosong sehingga jadwal tetap lancar," ujarnya.

Dikatakannya, hingga H-2 Idul Fitri tidak terjadi gangguan jadwal penerbangan dan seluruh penumpang terangkut dan diberangkatkan sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Jadwal penerbangan lancar dan seluruh penumpang terangkut. Selain itu aktivitas bandara juga aman, tertib dan lancar tanpa gangguan yang berarti," katanya menambahkan.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015