Gresik (ANTARA News) - Aparat Kepolisian Resor Kabupaten Gresik, Jawa Timur memperketat jalur laut melalui pelabuhan dengan menggelar razia atau pemeriksaan rutin pada setiap penumpang kapal di Pelabuhan Gresik.

"Beberapa hari kemarin kita sempat mengamankan kembang api milik para penumpang. Kemudian kami juga sempat mengamankan senjata tajam dalam razia yang kita lakukan," ucap Kapolsek Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) Polres Gresik, AKP Suyatmi, Selasa.

Dikatakannya, upaya memperketat jalur laut untuk memastikan keamanan penumpang kapal dalam rangka pengamanan jalur mudik laut menjelang Lebaran 2015.

"Razia terhadap barang bawaan penumpang akan sering kami lakukan. Lebih-lebih saat menghadapi mudik hari raya Idul Fitri," katanya.

Ia menjelaskan, sebagian besar penumpang kapal masih tidak paham dengan larangan membawa kembang api, sehingga Polres Gresik sering menemukan kembang api dan sejenisnya.

Dikatakannya, keberadaan kembang api dan sejenisnya sangat sensitif berada dalam kapal, karena mengandung sesuatu yang panas.

"Oleh karena itu, semua penumpang dilarang membawa kembang api dan sejenisnya saat berada di dalam kapal. Dan kami akan cek semua barang bawaan penumpang kapal saat di pelabuhan Gresik satu per satu," katanya.

Sementara khusus untuk pengamanan di kawasan Pelabuhan Gresik, Polsek KP3 Gresik juga sudah menempatkan Pos PAM arus mudik lebaran, dan sudah berlangsung sejak H-14.

"Kami juga menempatkan sejumlah personel yang terdiri dari anggota Polsek KP3, petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), serta Pelindo, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.

Pewarta: Abdul Malik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015