Jakarta (ANTARA News) - Google App meluncurkan fitur terbarunya "Kartu Now" untuk memudahkan netizen menemukan beragam informasi yang dibutuhkan di satu tempat.

Diluncurkan pada saat Ramadhan, Google membidik semakin banyaknya netizen yang mengandalkan Internet untuk membantu rutinitas sehari-hari seperti pencarian "resep menu sahur simpel" dan "playlist wajib ngabuburit" yang sempat menjadi trend pencarian selama dua minggu terakhir di Google.

Peluncuran fitur baru tersebut, menurut Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, menjadi salah satu upaya Google untuk mengantisipasi terus bertumbuhnya pasar smartphone di Indonesia.

"Netizen senantiasa mengandalkan pinsel untuk menemukan informasi yang bisa membuat rutinitas mereka menjadi mudah. Kartu Now ini bisa menemukan informasi yang kerap mereka cari di satu tempat," kata Veronica dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Ada tiga aktivitas utama pada Kartu Now: Rencana, Makanan dan Hiburan. Fitur tersebut akan memberi informasi yang paling banyak dicari pengguna.

"Kami berharap Kartu Now akan memberikan pengalaman yang lebih baik lagi bagi netizen yang menggunakan Google App untuk menemani keseharian mereka. Tujuan kami di Google sangatlah sederhana, yaitu menciptakan produk yang bisa membantu mereka mengatasi hal-hal kecil sehingga mereka bisa fokus pada hal yang besar setiap harinya," kata Veronica.

Kartu Now bisa diakses di Google App yang bisa diakses langsung di ponsel berbasis Android, atau bisa diunduh melalui Apple Store untuk pengguna iOS.

Google App sendiri adalah aplikasi pencarian Google di ponsel yang dilengkapi fitur suara. Google mengembangkan fitur "voice search" yaitu fitur pencarian menggunakan suara.

Untuk melengkapi fitur suara tersebut, bulan lalu Google meluncurkan fitur OK Google untuk setelan ponsel Bahasa Indonesia yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi dari poin mana saja di ponsel mereka. Pengguna dapat mengatakan "OK Google" untuk mengaksea Google App di ponsel dan menanyakan pertanyaan pada Google.

Sementara itu, salah satu pengguna Googke App, Imam Darto mengatakan sangat puas dengan kinerja aplikasi tersebut.

"Saya memang sudah lama menggunakan ponsel Android, jadi pakai Google App juga. Saya suka karena ada fitur Ok Google, seru. Biasanya sih saya meng-Google diri saya sendiri, cari-cari berita tentang saya, Imam Darto," kata penyiar sekaligus pembawa acara tersebut. Nnnn Sent from my iPhone

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015