Jakarta (ANTARA News) - Berikut delapan aplikasi yang dapat berguna untuk menunjang ibadah puasa selama Bulan Ramadhan versi laman The Guardian.

1. al Quran
Aplikasi ini ditujukan bagi para pengguna yang ingin membaca Alquran melalui telepon pintar yang dilengkapi dengan terjemahan. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mencari teks serta mendengarkan bacaan ayat demi ayat.

2. Zabihah
Berguna sebagai panduan untuk makanan halal dan mencari restoran, pasar dan masjid terdekat. Aplikasi ini juga menyajikan ulasan, tinjauan kehalalan, waktu buka, harga dan ketersediaan tempat shalat di sebuah restoran.

3. Muslim Pro (Ramadan 2015)
Aplikasi rancangan Bitsmedia Pte Ltd ini dapat membantu pengguna mengetahui secara tepat waktu sholat dan saat berbuka puasa tiba.

4. Ramadan Legacy
Aplikasi yang baru diluncurkan pada Ramadhan tahun ini, berfungsi menyediakan alur waktu interaktif yang menampilkan pencapaian penggunanya sepanjang bulan ini. Aplikasi ini bekerja dengan menanyakan tujuan pribadi selama bulan Ramadhan dan membantu mencapainya lewat pengingat inspirasional.

5. Good Habits
Aplikasi ini bertujuan untuk mengatur pengingat bagi penggunanya untuk melakukan tugas-tugas dan kebiasaan kecil. Dengan mengklik simbol "+" pada bagian kanan atas, pengguna dapat menambahkan nama dan waktu kebiasaan yang ingin dikerjakan.

6. Calorie Counter & Diet Tracker
Selepas berbuka puasa, beberapa orang mungkin tergoda untuk melahap makanan-makanan lezat dan berminyak secara berlebihan. Aplikasi ini berguna untuk memonitor kalori secara mobile.

7. SleepBot
Aplikasi ini bekerja dengan menggunakan sensor pada ponsel untuk melacak gerakan dan suara pengguna untuk mengetahui kualitas tidur. SleepBot juga memiliki fitur alarm cerdas.

8. InstaDeen Lite
Pengguna dapat berbagi foto dengan menyertakan ayat-ayat Alquran dan ucapan bertema Islam pada bagian foto.


Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015