Hutan botani berarti kita bisa melestarikan tanaman-tanaman endemik atau lingkungan yang baik dan menjadi percontohan supaya ini menjadi pusat penelitian dan studi,"
Sentani (ANTARA News) - Bupati Jayapura, Matius Awaitouw pada sela hari peringatan lingkungan hidup 5 Juni 2015, mencanangkan kawasan Cycloop sebagai kawasan hutan botani.

"Hutan botani berarti kita bisa melestarikan tanaman-tanaman endemik atau lingkungan yang baik dan menjadi percontohan supaya ini menjadi pusat penelitian dan studi," kata Matius di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat.

Oleh karena itu kata dia, apa yang telah dilakukan kini yaitu hari lingkungan, sekaligus pihaknya mencanangkan kawasan hutan kebun botani untuk Provinsi Papua

Matius mengatakan, hutan botani yang kini dicanangkan dapat bermanfaat bagi studi dan penelitian, sehingga para pelajar dapat berkunjung dan mengetahui banyak hal tentang lingkungan.

Selain itu, lanjut Matius, hutan tersebut juga sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat sekitar.

Menurut dia, pada tahun ini pihaknya segera mengeluarkan Peraturan daerah No 9 tahun 2015 tentang pengelolaan kawasan penyangga Cycloop.

Kawasan Cycloop merupakan wilayah konservasi yang kini menjadi perhatian pemerintah maupun masyarakat dalam menjaga dan melestarikan kawasan tersebut.

Sehingga, Ia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan

"Kita menghendaki , Pemerintah Provinsi bisa memfasilitasi, dan mendorong, pelestarian kawasan ini juga Pemerintah Kota bisa memberi regulasi segera agar ada gerakan bersama untuk kita menjaga hutan ini,"katanya.

Pewarta: Feronike Rumere
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015