Tiga jenis satwa tersebut yakni rusa elk, bison, dan llama glama yang berhasil melahirkan secara normal dengan masa kandungan yang berbeda-beda
Pasuruan (ANTARA News) - Taman Safari Indonesia (TSI) II yang terletak di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, menambah tiga koleksi bayi satwa, setelah ketiga satwa tersebut berhasil dilahirkan secara normal.

"Tiga jenis satwa tersebut yakni rusa elk, bison, dan llama glama yang berhasil melahirkan secara normal dengan masa kandungan yang berbeda-beda," kata Dokter Hewan TSI II Prigen, Drh. Faundra Farid Ghozali, di Pasuruan, Jumat.

Ia mengatakan, bayi rusa elk atau "Cervus canadensis" bernama Vina lahir pada 24 Februari 2015 dengan berat 30 kilogram dan panjang 60 cm dari pasangan Rano yang berumur 8 tahun dan Rani berumur 7 tahun.

"Kelahiran Vina ini merupakan kelahiran kedua dari pasangan Rano dan Rani, sebelumnya sudah melahirkan Vita berumur 2 tahun dengan masa kandungan antara 264 hari hingga 280 hari," jelasnya.

Menurutnya, rusa elk atau elkwapiti mirip dengan rusa tetapi jauh lebih besar dari pada kebanyakan keluarga rusa dan memiliki warna terang sehingga menjadi salah satu mamalia terbesar di Amerika Utara dan Asia Timur.

Sementara itu, bayi bison Amerika yang bernama Keyza lahir pada 30 Maret 2015 dengan berat 60 kilogram dan panjang 75 cm dari pasangan Nanduira berumur 10 tahun dan Kyasulin berumur 9 tahun.

"Kelahiran Keyza ini merupakan kelahiran kedua, sebelumnya Kyasulin sudah melahirkan Kayla yang sudah berumur 1,5 tahun dengan masa kandungan 280 hari mirip dengan sapi," jelasnya.

Bison yang juga disebut the grazing heaviest animal, lanjutnya, merupakan satu dari sekian banyak binatang herbivora yang cukup kuat dan dapat bergerak dengan kecepatan 65 kilometer per jam.

Bayi satwa ketiga yakni satwa llama glama dari pasangan Sumanto berumur 11 tahun dan Segarsari yang juga berumur 11 tahun dan dinamakan Galang dengan berat badan 25 kilogram serta panjang 40 cm.

"Bayi llama glama lahir pada 18 Maret 2015 yang bernama Galang. Sebelumnya induk dari Galang, Segarsari sudah melahirkan llama glama berjenis kelamin jantan yang bernama Gonzales dan berumur 4 tahun," paparnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah & Laily Widya Arishandi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015