Bogor (ANTARA News) - Jumlah korban meninggal dunia akibat pohon tumbang di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat kembali bertambah menjadi enam orang.

Korban keenam yang meninggal dunia diketahui bernama Ahmad Saefullah yang dirawat di ICU Rumah Sakit Centra Medika, Cibinong. Ia meninggal Selasa siang sekitar pukul 15.00 WIB.

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Bogor Didik Widyatmoko membenarkan adanya penambahan jumlah korban pohon tumbang yang meninggal dunia.

"Benar hari ini satu lagi korban meninggal dunia, yang dirawat di Rumah Sakit Centra Medika, atas nama Ahmad Saefullah," kata Didik, saat dikonfirmasi malam.

Didik mengatakan, pihak Kebun Raya Bogor sudah mendatangi rumah sakit dan juga rumah korban serta mengurus segala keperluan jenazah hingga memberikan santunan.

"Korban sudah dikirim ke rumah duka, staf Kebun Raya juga sudah berada di rumah keluarga," katanya.

Ahmad Saefullah warga Tajur, Kota Bogor ini saat kejadian mengalami luka yang sangat berat, karena memerlukan ruang ICU untuk penanganan medis iapun dipindah rawatkan dari RS PMI Bogor ke RS Centra Medika Cibinong.

Humas RS PMI Bogor, Yudha W Waspada mengatakan, alasan pemindahan korban pohon tumbang Kebun Raya Bogor kedua rumah sakit berbeda karena dua orang pasien membutuhkan ruang ICU sementar, ruangan tersebut sudah penuh ditempati oleh Rizki Nurawaman (25) korban pohon tumbang yang meninggal Senin (12/1) kemarin.

"Ada dua pasien yang dipindah rawakan ke rumah sakit lain yakni Ahmad Saefulla di RS Centra Medika dan Andre di Rumah Sakit Vania Kota Bogor. Keduanya membutuhkan ruang ICU, sementara di RS PMI sudah penuh," katanya.

Menurutnya kondiri korban yang dirawat di ICU cukup parah, mengalami cidera berat dibagian kepala segingga membutuhkan perawatan intensif.

Dua dari tiga korban kritis tesebut kini telah meninggal dunia, saat ini masih ada Andre yang dirawat di ICU RS Vania Sukasari Kota Bogor.

Peristiwa pohon tumbang di Kebun Raya Bogor terjadi Minggu (11/1) sekitar pukul 10.15 WIB. Mereka yang menjadi korban merupakan karyawan PT Asalta Mandiri Agung yang merupakan anggota Ikatan Serikat Buruh Indonesia-Bogor.

Mereka datang ke Kebun Raya Bogor menghadiri acara silaturahmi sekaligus diskusi tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

Saat kejadian mereka sedang berkumpul di Jalan Astrid atau tepat berada di bawah pohon Damar Agathis Boerneo yang mengalami patah di bagi tengahnya.

Total korban yang dilarikan ke RS PMI sebanyak 30 orang, mereka terdiri dari enam orang meninggal dunia dan sisanya luka-luka.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015