Kendari, (ANTARA News) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat, melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga Kendari dalam rangka memperingati hari amal bakti (HAB) ke-69.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Mohamaf Ali Irfan, dimulai dengan upacara ziarah TMP Watubangga sekitar pukul 07.30 yang ikut dihadiri oleh Rektor IAIN Kendari, H. Nur Alim, bersama jajaran civitas akademika IAIN Kendari, serta para pejabat eselon III, eselon IV dan karyawan Kanwil Kemenag Sultra.

"Untuk peringatan HAB ke-69 ini, jajaran Kementerian Agama Provinsi Sultra, menggelar sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah ziarah seperti yang kami lakukan hari ini," ujar Irfan usai melakukan ziarah dan tabur bunga di TMP Watubangga.

Menurutnya, kegiatan itu merupakan mementum untuk menghargai jasa-jasa arwah para pahlawan yang gugur karena membela kusuma bangsa.

"Dengan kegiatan ini maka diharapkan pegawai lingkup kementerian agama bisa lebih mengerti akan makna perjuangan dan pengorbanan demi kemerdekaan bangsa," katanya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan itu menjadi salah satu tanda rasa syukur atas eksistensi Kementerian Agama selama ini dalam membantu pemerintah ikut membangun umat.

"Selain itu, ziarah juga dimaksudkan untuk mengenang jasa para pahlawan, termasuk para tokoh dalam membesarkan agama Islam serta dalam membesarkan Kementerian Agama di Sultra," katanya.

Rektor IAIN Kendari, Nur Alim, mengaku esensi dari ziarah ke TMP tersebut untuk merekatkan semangat di lingkup jajaran Kemenag bahwa negara ini dibangun tidak lepas dari perjuangan dan kontribusi para tokoh-tokoh agama.

"Kementerian Agama merupakan salah satu kementerian tertua di Indonesia, sebagai konsekuensi dari penghilangan sembilan kata pada sila pertama Pancasila," katanya.

Puncak upacara peringatan HAB ke-69 akan dilaksanakan pada 3 Januari 2015 di Pelataran Kanwil Kemenag Sultra.

Pewarta: Suparman
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015