Pasar Bawah ini merupakan ikon dari Kota Pekanbaru. Apalagi Presiden kita Pak Jokowi akan datang ke Riau dan menjadi salah satu tujuannya `blusukan` ke pasar wisata ini,"
Pekanbaru (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan "blusukan" ke pasar wisata yakni Pasar Bawah Kota Pekanbaru usai melakukan kunjungan kerja selama satu hari di Provinsi Riau pada pekan depan.

"Pasar Bawah ini merupakan ikon dari Kota Pekanbaru. Apalagi Presiden kita Pak Jokowi akan datang ke Riau dan menjadi salah satu tujuannya blusukan ke pasar wisata ini," ucap Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Ahad.

Hal tersebut diutarakannya saat meninjau Pasar Bawah karena daerah itu berdekatan dengan kawasan Sungai Siak dan hanya dipisahkan dengan kantor PT Pelindo I Cabang Pekanbaru yang langsung terhubung dengan dermaga sungai tersebut.

Meski demikian, lanjut Arsyadjuliandi, pihaknya belum mengetahui jadwal secara pasti daerah mana yang dikunjungi selama berada di "Kota Bertuah", julukan bagi Kota Pekanbaru.

"Kalau ada ada kunjungan yang dilakukan selain Pasar Bawah ini, maka akan kita tinjau lagi pada hari Senin atau Selasa," katanya, menegaskan.

Kepala Biro Humas Sekertaris Daerah Provinsi Riau Yoserizal menambahakan, kemungkinan besar Presiden Jokowi akan melakukan kunjugan kerja ke Riau pada pekan depat atau lebih tepat Rabu (26/11) untuk melihat penangganan kebakaran hutan dan lahan di provinsi itu dalam 17 tahun terakhir.

"Begitu tiba di Lapangan Udara (Lanud) Roesmin Noerjadin pukul 12.00 WIB, Pak Jokowi dijadwalkan langsung terbang dengan menumpangi helikopter menuju Sungai Tohor, Kabupaten Kepulauan Meranti. Di tempat itu, Presiden akan berdialog dengan warga di Meranti," ucapnya.

Setelah itu, dia berujar, Presiden kembali ke Lanud Roesmin Noerjadin yang berada di Kota Pekanbaru dengan melewati Pulau Padang di Kabupaten Kepulauan Meranti, kemudian Cagar Biosfer Giam Siak Kecil di Kabupaten Bengkalis dan Taman Nasional Teso Nilo di Kabupaten Pelalawan.

"Setelah tiba di Pekanbaru, Presiden tidak langsung terbang ke Jakarta. Tetapi, Presiden akan blusukan terlebih dahulu ke Pasar Bawah," tuturnya.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014