Palembang (ANTARA News) - Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Palembang, Sumatera Selatan, menggelar wayang kulit semalam suntuk sebagai wujud komitmen mendukung pelestarian seni dan budaya daerah masyarakat setempat sehingga dapat eksis dan terus dinikmati generasi muda penerus bangsa.

Acara tersebut dalam rangka menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun ke-69 yang jatuh pada 11 September 2014, kata Kepala LPP RRI Palembang, Agung Susatyo, di Palembang, Minggu.

Dia menjelaskan, acara hiburan wayang kulit tersebut digelar atas kerja sama dengan Persatuan Pedalang Indonesia (Pepadi) Provinsi Sumatera Selatan di Auditorium RRI Palembang pada 13 September 2014.

Acara hiburan rakyat tersebut terbuka untuk umum, dan bagi masyarakat yang berminat menyaksikan pertunjukkan wayang kulit dipersilahkan datang ke auditorium RRI tanpa dipungut bayaran, katanya.

Menurut dia, pihaknya berkomitmen melestarikan seni dan budaya daerah sehingga setiap kegiatan selalu memberikan peluang kepada kelompok pencinta seni dan budaya untuk tampil di auditorium RRI dan program siaran radio milik negara ini.

Beberapa seni budaya daerah yang sering ditampilkan di auditorium dan disiarkan melalui program siaran khusus seni budaya daerah RRI Pro 2 yakni pentas seni budaya teater masyarakat Kota Palembang "Dul Muluk" dan budaya Jawa "Wayang Kulit".

Selain kelompok seni budaya yang sering tampil dan bekerja sama dengan LPP RRI Palembang tersebut, pihaknya membuka diri bagi kelompok seni dan budaya daerah lainnya untuk memanfaatkan lembaga penyiaran milik negara ini melestarikan seni budaya daerah.

"Mari manfaatkan lembaga penyiaran publik ini untuk membangkitkan kecintaan masyarakat terhadap seni dan budaya daerah, jadikan RRI sebagai rumah sendiri atau wadah pengembangan bakat dan kreatifitas seni dan budaya," ujarnya.

Seksi Publikasi Panitia HUT RRI, Pery Widodo, menjelaskan bahwa banyak acara yang digelar dalam rangka menyemarakkan ulang tahun lembaganya, antara lain jalan sehat melibatkan ribuan peserta dari keluarga besar RRI, mitra kerja, dan masyarakat umum pada hari Minggu (7/9) ini dan donor darah bekerja sama dengan pihak Kodam II/Sriwijaya.

Selain itu, kunjungan ke mitra RRI di Kota Palembang untuk mempererat tali silaturahmi, dan puncak acara dilakukan upacara bendera yang dilanjutkan penyulutan api Tri Prasetya di Auditorium RRI Palembang yang dipandu secara sentral dari kantor pusat di Jakarta, ujarnya menambahkan. (*)

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014