Jakarta (ANTARA News) - Gates Foundation, yayasan milik Bill & Melinda Gates memberikan dana 25 juta dolar untuk penelitian mengembangkan vaksin dalam pencegahan infeksi HIV, Rabu.

Ilmuan dari Universitas kesehatan dan sains, memberitahukan penghargaan dan mengatakan mereka ingin mengembangkan vaksin yang dapat mencegah virus HIV serta menghilangkan virus yang telah terinfeksi.

Bantuan yang diberikan Gates Foundation tersebut berikut penelitian yang dipublikasikan oleh para ilmuwan berusaha untuk menunjukkan kandidat vaksin mereka menghentikan transmisi. Telah diuji lebih dari 100 monyet untuk membuat vaksinasi HIV tersebut.

"Kami ingin membantu dengan membunuh virus yang sulit dimusnahkan," ucap peneliti Louis Picker di dalam majalah Nature.

"Dan kami cukup yakin bahwa pendekatan vaksin ini dapat bekerja dengan cara yang sama terhadap HIV pada manusia,"tambahnya

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia jumlah tahunan infeksi HIV terdapat 35 juta orang di seluruh dunia yang masih hidup dan diperkirakan tahun lalu 2,1 juta orang terinfeksi virus AIDS.

Data Organisasi Kesehatan Dunia mencatat meskipun kematian terkait AIDS telah menurun dalam beberapa tahun terakhir karena terapi obat antiretroviral, sekitar 1,5 juta orang masih meninggal akibat penyakit tahun lalu.

Di Amerika Serikat, tingkat tahunan diagnosis HIV jatuh oleh sepertiga antara tahun 2002 dan 2011, menurut sebuah studi dalam Journal of American Medical Association.

Bantuan tersebut akan digunakan selama lima tahun kedepan untuk menentukan apakah vaksin dapat digunakan secara aman pada manusia dalam percobaan klinis dan membantu Picker mengembangkan versi vaksin cocok untuk pengujian skala yang lebih besar, yang diperlukan untuk membawanya ke pasaran dan akan memakan waktu setidaknya satu dekade.

Bantuan tersebut sebagian besar akan digunakan untuk mengembangkan vaksin pencegahan yang juga dapat digunakan untuk terapi terapeutik dan antiretroviral.

The National Institutes of Health mengutip penelitian Picker di antara "menjanjikan kemajuan medis" nya dari 2013, kata para peneliti.

The Bill and Melinda Gates Foundation bertujuan untuk memberantas penyakit yang paling mematikan di dunia dan kemiskinan, demikian Reuters melaporkan.

Penerjemah : Intan Umbari

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014