Garut (ANTARA News) - Kawanan perampok membawa kabur uang Rp150 juta setelah berhasil membobol tembok dan brankas Bank Sinarmas Cabang Wanaraja di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat pagi.

Kapolsek Wanaraja, Kompol Dedi Kusnadi, mengatakan aksi perampokan bank swasta di Jalan Raya Wanaraja itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB.

Setelah melumpuhkan petugas keamanan, para perampok masuk ke dalam bangunan bank dengan cara membobol tembok, kemudia mereka membongkar brankas berisi uang Rp150 juta.

Mereka juga membawa kabur dua krat minuman yang ada di dalam bank, kata Dedi.

Menurut Dedi, kawanan perampok itu terlebih dahulu menyekap petugas satpam bank, kemudian merusak alarm, dan alat CCTV yang terpasang di kantor bank tersebut.

Berdasarkan keterangan satpam, perampok diperkirakan berjumlah enam orang dan datang menggunakan mobil Toyota Avanza warna silver.

"Satpam disekap oleh pelaku, kemudian pelaku berusaha masuk lewat kaca jendela namun ada teralis besi kemudian nekad masuk ke dalam bangunan dengan cara menjebol tembok," katanya.

Setelah berhasil masuk kantor, kata Dedi, perampok meminta satpam menunjukan tempat brankas kemudian membongkar brangkas dengan mesin gerinda.

"Dugaan brankas dibongkar dengan gerinda karena tidak jauh dari posisi brankas ditemukan delapan keping mata gerinda," kata Dedi.

Kawanan perampok tersebut selanjutnya kabur meninggalkan petugas Satpam dalam keadaan tangan dan kaki diikat serta mulut berlakban.

Sejumlah polisi kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara setelah mendapatkan laporan adanya aksi perampokan bank tersebut.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013