Jakarta (ANTARA News) - Masyarakat yang memadati Pasar Mainan Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur mendatangkan rezeki bagi pedagang. Beberapa pedagang mengaku omzet mereka naik saat Lebaran.

Herry (48), pemilik toko mainan Kawan Lama, mengatakan omzet saat Lebaran bisa meningkat 30 persen bila dibandingkan dengan hari biasa.

"Saat Lebaran memang banyak orang yang mencari mainan untuk anaknya. Sebab, saat Lebaran kan banyak anak yang mendapat uang angpao," katanya.

Herry mengatakan mainan yang paling banyak dicari saat ini adalah mobil balap tamiya dan mobil "remote control". Harga mobil balap tamiya berkisar Rp10.000 hingga Rp40.000, sedangkan mobil "remote control berkisar Rp50 ribu hingga Rp400.000.

Selain itu, aksesoris tamiya seperti "track" untuk balapan juga banyak dicari. Bila kebanyakan mainan yang dijual di Pasar Gembrong adalah produk impor dari China, Herry mengatakan "track" tamiya yang dia jual merupakan produk lokal.

"Skuter otopet dan skuter genjot juga banyak peminatnya. Skuter otopet harganya berkisar Rp150.000 hingga Rp250.000, sedangkan skuter genjot berkisar Rp600.000 hingga Rp700.000," tuturnya.

Bila Herry memperkirakan akan mendapat peningkatan omzet pada Lebaran kali ini, Toto (40), pemilik toko boneka Vareency Dolls justru pesimistis bisa meraup keuntungan banyak.

"Lebaran tahun ini tidak seperti tahun lalu. Padahal saya sudah menyiapkan stok banyak karena mengira tahun ini akan sama seperti tahun lalu," katanya.

Toto memperkirakan omzet yang akan dia dapat pada Lebaran tahun ini hanya akan sama dengan hari Minggu pada hari-hari biasa saja.

Toto mengatakan boneka Hello Kitty dan Minion merupakan boneka yang saat ini paling digemari dan paling dicari.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013