Kudus (ANTARA News) - Polres Kudus menyatakan selama arus mudik Lebaran belum ada kasus kecelakaan yang terjadi di jalur Pantura timur, Kudus, Jawa Tengah.

"Selama Agustus 2013, kasus kecelakaan yang terjadi di Kudus, terutama yang melibatkan pemudik memang nihil. Mudah-mudahan hingga arus balik tidak terjadi kecelakaan," kata Kasatlantas Polres Kudus AKP Cahyo Widiatmoko di Kudus, Senin.

Meski demikian, dia mengimbau, pemudik bermobil maupun sepeda motor untuk tetap waspada dan hati-hati selama dalam perjalanan.

Apabila kelelahan atau mengantuk, ia menyarankan agar pemudik beristirahat di tempat-tempat yang sudah disediakan.

Sementara Kepala Pos Pelayanan Jati Polres Kudus Ipda Wasito mengungkapkan, tempat peristirahatan yang tersedia di pos pelayanan di Jalan Lingkar Kudus memang sering dimanfaatkan pemudik.

Awalnya, kata dia, pemudik hanya sekadar menanyakan jalan menuju daerah tertentu.

"Petugas yang melayani mencoba mengarahkan pemudik tersebut untuk beristirahat sejenak," ujarnya.

Ia mencatat, setiap harinya terdapat belasan pemudik yang memanfaatkan tempat peristirahatan yang disediakan oleh Polres Kudus.

Selain itu, kata dia, pemudik juga bisa memanfaatkan servis sepeda motor maupun mobil secara gratis serta melakukan pemeriksaan kesehatan.

Berdasarkan pengamatan, kata dia, pemudik lebih memilih tempat beristirahat di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) karena terdapat fasilitas lebih lengkap, seperti tempat peribadatan, mesin anjungan tunai mandiri (ATM), warung makan dan bisa sekaligus mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Adapun jumlah kasus kecelakaan yang terjadi selama Juli 2013 sebanyak 57 kasus dengan jumlah korban meninggal enam orang dan luka ringan 73 orang.

Dari puluhan kasus kecelakaan tersebut, paling banyak melibatkan kendaraan roda dua yang jumlahnya mencapai 74 unit kendaraan, sedangkan mobil penumpang tujuh kendaraan, bus tiga kendaraan dan mobil barang sebanyak tujuh kendaraan.

Demikian halnya, kasus kecelakaan yang terjadi selama Januari hingga Juni 2013 juga didominasi kendaraan roda dua.

Jumlah kendaraan roda dua yang terlibat kecelakaan selama Januari hingga Juni 2013 mencapai 389 sepeda motor, sedangkan kendaraan roda empat atau lebih hanya 149 kendaraan.

Sedangkan kasus kecelakaan yang terjadi selama Januari-Juni 2013 tercatat sebanyak 306 kasus dengan jumlah korban meninggal 20 orang dan luka berat delapan orang dan luka ringan 401 orang.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013