Padang (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Divisi II, Sumatera Barat, menyiapkan kereta api wisata Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah yang selalu ramai peminat pada libur lebaran.

Manager Humas PT KAI (persero) Divisi Regional II Sumbar Romeo di Padang, Selasa, menyatakan sarana dan prasana untuk kereta api wisata lebaran tersebut sudah dipersiapkan dari sekarang, demikian juga dengan jumlah tiketnya.

"Kita telah menyiapkan kereta api bagi warga untuk menyambut lebaran nanti, dimana 5.000 tiket telah disiapkan, demikian juga dengan gerbongnya," kata Romeo.

Dia menambahkan, seperti tahun sebelumnya, tiga rute dipersiapkan untuk kereta wisata tersebut, yaitu dari Kota Padang menuju Pariaman, Padangpanjang menuju Sawahlunto, dan Sawahlunto menuju Muara Kalaban.

Persiapan dilakukan dari sekarang, salah satunya dengan melakukan perawatan dan perbaikan rel kereta, terutama jalur yang jarang digunakan seperti jalur Padangpanjang menuju Sawahlunto, dan Sawahlunto menuju Muara Kalaban, tersebut dimana kereta untuk lebaran tersebut akan beroperasi mulai H+3 hingga H+10.

Untuk kemanan pada lebaran tersebut, PT KAI Sumbar juga akan melakukan kerja sama dengan aparat kepolisian agar kelancaran wisata pada saat lebaran terjamin dan masyarakat nyaman dalam menikmati hari libur itu dengan menggunakan kereta api.

Kereta api wisata lebaran di Sumbar, menurut pihak PT KAI akan dioperasikan setiap hari, meski tidak ada penambahan jumlah gerbong ataupun jumlah operasi kereta apinya.

Khusus untuk jalur Kota Padang menuju Pariaman, PT KAI Sumbar pada saat libur panjang tersebut juga akan menjadwalkan lima kali pemberangkatan dalam satu hari.

Meski demikian, PT KAI Sumbar Hingga saat ini belum bisa memastikan jadwal keberangkatan kereta wisata itu.

"Untuk jam operasinya tiap hari kita belum dipastikan karena sedang dilakukan pembahasan," jelas Romeo.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013