Kami mengajak pemudik sadar resiko sekaligus imbauan agar pemudik tidak menggunakan roda dua saat mudik Lebaran,"
Muara Teweh (ANTARA News) - Jajaran Satuan Polisi Lalu Lintas Kepolisian Resor Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengajak pengendara sepeda motor di jalan raya untuk menjaga keselamatan.

"Upaya ini dilakukan untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya," kata Kepala satuan Lalu Lintas Polres Barito Utara (Barut), AKP MZ Rofik di Muara Teweh, Selasa.

Menurut dia, apalagi menjelang Lebaran tahun ini, dimana masyarakat sudah mulai berangsur-angsur melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman atau mudik Lebaran.

Satlantas Polres Barito Utara mengajak masyarakat yang akan mudik Lebaran agar tidak menggunakan kendaraan roda dua demi keselamatan di jalan.

"Kami mengajak pemudik sadar resiko sekaligus imbauan agar pemudik tidak menggunakan roda dua saat mudik Lebaran," katanya.

Rofik mengatakan, tingginya angka kecelakaan didominasi oleh kendaraan roda dua saat arus mudik Lebaran. Dan semua demi keselamatan, sebab risiko kecelakaan cukup besar.

Tingkat kecelakaan sepeda motor dari tahun 2011 ke tahun 2012 mengalami peningkatan, sedangkan angka kematian terus meningkat.

"Karenanya, Satlantas Polres Barito Utara mengimbau kepada masyarakat yang ingin mudik agar tidak memilih kendaraan roda dua demi keselamatan pengemudi dan berharap masyarakat pengguna kendaraan peka dan peduli dalam berlalulintas," jelas dia.

Sosialisasi imbauan untuk tidak menggunakan sepeda motor saat pulang mudik lebaran itu akan dilaksanakan lewat spanduk dengan tujuan untuk dapat menekan tingkat kecelakaan lalu lintas.

"Untuk itu, Kepolisian meminta partisipasi serta kerjasama masyarakat untuk menginformasikan pentingnya keselamatan jiwa dalam berlalu lintas saat mudik menuju kampung halaman," ujar Rofik.

Pewarta: Kasriadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013