Mereka kami amankan dari beberapa tempat di Kota Tasikmalaya untuk selanjutnya dibina dan diajak buka puasa bersama,"
Tasikmalaya (ANTARA News) - Polisi Resor Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mengajak pengamen dan pengemis yang sering beroperasi di sejumlah tempat keramaian kota setempat untuk buka puasa bersama, Jumat.

Kepala Satuan Reskrim Polresta Tasikmalaya AKP Januar Kencana di Tasikmalaya, Jumat, mengatakan 12 pengamen dan pengemis itu diamankan saat Operasi Sadar Lodaya.

"Mereka kami amankan dari beberapa tempat di Kota Tasikmalaya untuk selanjutnya dibina dan diajak buka puasa bersama," katanya.

Ia mengatakan operasi penertiban pengamen dan pengemis itu sebagai upaya mencegah kriminalitas di jalanan yang sering dikeluhkan masyarakat.

Ia berharap, melalui pembinaan dan buka puasa bersama di Markas Polresta Tasikmalaya itu dapat membangun kesadaran mereka untuk tidak membuat resah masyarakat.

"Operasi ini akan dilakukan secara rutin sesuai instruksi pimpinan dengan harapan masyarakat lebih nyaman dan aman," katanya.

Operasi Sadar Lodaya tersebut berlangsung sekitar pukul 14.00 hingga 16.00 WIB, melibatkan sejumlah anggota Samapta dan Satuan Reskrim Polresta Tasikmalaya.

Para pengamen dan pengemis jalanan itu, diamankan dari kawasan perempatan Jalan Mitrabatiik, Alun-Alun Tasikmalaya dan perempatan jalan sekitar Masjid Agung Tasikmalaya.

Mereka selanjutnya diangkut menggunakan truk ke Markas Polresta Tasikmalaya untuk dicatat identitas dirinya.

Selanjutnya, mereka diminta untuk berjanji tidak melakukan aktivitas di jalanan yang mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

"Mereka kami lepas kembali setelah didata identitasnya dan menyatakan janji tidak membuat resah masyarakat," kata Januar didampingi KBO Reskrim Ipda Iwan Cahyadi.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013