Saya sangat bangga dengan Kopassus, apalagi kalau melihat aksi Kopassus di panggung tadi, rasanya pantas jika mereka masuk ke dalam tiga besar satuan komando terbaik di dunia."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menghadiri syukuran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke-61 di Balai Komando, Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa.

Jokowi mengaku bangga atas segala prestasi yang telah diraih oleh pasukan baret merah tersebut, termasuk salah satunya masuk dalam jajaran tiga satuan komando terbaik di dunia.

"Saya sangat bangga dengan Kopassus, apalagi kalau melihat aksi Kopassus di panggung tadi, rasanya pantas jika mereka masuk ke dalam tiga besar satuan komando terbaik di dunia," kata Jokowi di Cijantung, Jakarta Timur, Selasa.

Jokowi menilai kinerja Kopassus sejauh ini sudah cukup profesional. Selain itu, Jokowi juga mengaku tidak meragukan profesionalitas dan kredibilitas Kopassus.

"Saya tidak sedikit pun merasa ragu dengan kredibilitas Kopassus karena selama ini yang saya lihat mereka sudah bekerja dengan cukup profesional," ujar Jokowi.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayor Jenderal Agus Sutomo mengatakan kehadiran Kopassus merupakan salah satu solusi atas masalah keamanan di Indonesia.

"Sebagai bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), tugas pokok kami adalah menegakkan kedaulatan negara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kopassus merupakan aset negara dan milik rakyat Indonesia," ungkap Agus.

Dalam perayaan tersebut, sejumlah atraksi bela diri ditunjukkan oleh pasukan baret merah tersebut, diantaranya mematahkan besi dengan paha dan memecahkan tumpukan beton dengan kepala.  (R027/R021)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013