... pengamanan dasar. Beberapa intel mengawasi secara tertutup... "
Jakarta (ANTARA News) - Gereja Katedral Jakarta memberlakukan sistem keamanan tiga lapis, terbagi di dalam lingkungan gereja dan di sekitar komplek menjelang perayaan Paskah 2013. "Sejak Minggu Palma atau pekan lalu kamu mulai mempersiapkan diri dengan sistem keamanan ini," kata Koordinator Keamanan kompleks Keuskupan Agung Jakarta, Thomas Bambang.

Pada misa khusus Upacara Penghormatan Salib, Jumat, ribuan umat Katolik di Jakarta hadir di gereja warisan kolonialis Belanda dengan arsitektur Yunani-Gothik itu.

Bambang menjelaskan pada lapis, satu fokus keamanan pada kompleks di dalam gereja dengan mengerahkan 65 anggota keamanan dari swadaya umat gereja ditambah 30 personel dari tata tertib dan beberapa intel.

"Ini pengamanan dasar. Beberapa intel mengawasi secara tertutup supaya bisa mengikuti ibadah sekaligus mengamati tingkah laku orang di dalam gereja. Kalau ada gelagat yang mencurigakan segera ditindaklanjuti," jelas Bambang.

Lalu pada lapis kedua mulai dari tempat parkir hingga penyebrangan menuju komplek gereja dengan mengerahkan tim dari Trantib Poksuska, Dinas Perhubungan, Polantas, jajaran Sabara, intel berseragam, dan anjing pelacak. "Mereka mengantisipasi keamanan pergerakan orang dari hal-hal yang tidak diinginkan juga fokus pada kelancaran lalu lintas," ujar Bambang.

Sementara itu pada lapis tiga diturunkan pasukan bersenjata laras panjang dari Brimob Polda Metro Jaya di tempat parkir umat yang terbagi di area Masjid Istiqlal, Sekolah Ursula, dan Kantor Pos sekitar Gereja Katedral.

Sedangkan pintu keluar masuk gereja diberlakukan sistem satu pintu masuk dan satu pintu keluar.

Gereja Katedral menggelar Tri Hari Suci yang terdiri dari Kamis Putih pada pukul 16.00 WIB, 18.00 WIB, dan 20.00 WIB. Lalu Jumat Agung pada pukul 08.00 WIB (Jalan Salib), 10.00 WIB (Tablo), Penghormatan Salib pada pukul 12.00 WIB, 15.00 WIB , dan 18.00 WIB.

Kemudian Sabtu Suci (Sabbatum Sanctum) atau hari yang memperingati saat Yesus disemayamkan di makam digelar pada pukul 17.00 WIB, 20.00 WIB, dan 22.30 WIB.

Dan Minggu Paskah terbagi atas Misa Pontifical pukul 06.00 WIB, 07.30 WIB, dan 09.00 WIB, serta Misa Keluarga pada pukul 11.00 WIB dan 18.00 WIB.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013