...akan memamerkan 150 ribuan lebih judul buku. Jadi, dalam pameran ini..."
Samarinda (ANTARA News) - Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) akan menggelar `Samarinda Book Fair` yang merupakan pameran buku terbesar di Pulau Kalimantan.

Ketua Panitia `Samarinda Book Fair` Mardiana, Senin menyatakan, pameran buku terbesar dan terlengkap itu akan digelar di GOR Segiri Samarinda pada 13 hingga 21 April 2013.

"Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Samarinda bekerjasama dengan Ikapi dan Badan Perpustakaan Kaltim akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan yang diikuti penerbit secara nasional dari luar Kalimantan," ungkap Mardiana.

Sebanyak 26 stand kata Mardiana akan dibuat di dalam gedung serbaguna GOR Segiri yang akan diisi penerbit dari luar Kalimantan, belum termasuk stand yang juga akan dibuat di halaman parkir.

"Ini merupakan pameran buku terbesar di Kalimantan yang akan memamerkan 150 ribuan lebih judul buku. Jadi, dalam pameran ini, tidak hanya menggunakan gedung serbaguna tetapi juga hingga halaman parkir GOR Segiri," ujar Mardiana yang juga menjabat Kepala kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Samarinda.

Mardiana optimistis, pameran tersebut akan mendapat apresiasi dari penggiat perbukuan dan masyarakat luas.

Dengan pesta buku itu kata Mardiana diharapkan menjadi wadah komunikasi interaktif antara masyarakat serta dunia pendidikan dengan penerbit, pengarang, distributor buku, toko buku dan insan perbukuan lainnya.

"Kegiatan ini memadukan unsur hiburan dengan dikemas sebagai ajang untuk menampilkan beraneka ragam produk berkaitan dengan perbukuan, sarana pendidikan, dan lembaga-lembaga yang peduli terhadap upaya pencerdasan dan kemajuan bangsa," kata Mardiana.

Dalam pameran itu lanjut Mardiana juga akan dirangkaikan berbagai kegiatan, mulai temu pengarang, workshop dengan tema "Bagaimana Cara Membuat Buku", lomba mendongeng, lomba melukis di payung dan lomba karaoke, hingga seminar sehari Pembudayaan Kegemaran Membaca dengan narasumber, Syafruddin Pernyata.

"Pameran buku ini akan dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 Wita dan tidak dipungut biaya masuk, bahkan ada pesta diskon hingga 70 persen," ungkap Mardiana.


Pewarta: Amirullah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013